Perhatikan Hal Ini saat Pilih Sepatu Boots agar Nyaman di Kaki

Hai Kawula Muda! Tertarik buat beli sepatu boots? Simak tips ini biar ga salah.

lustrasi boots kulit lokal (unsplash.com/mostafa mahmoudi)
Tue, 17 May 2022

Meski kental dengan nuansa maskulinitas, sepatu bot atau boots justru kini mulai digandrungi oleh kaum perempuan. 

Pergeseran fungsi sepatu bot tidak lagi di ranah gender, lebih dari itu penggunaan sepatu bot kini terlihat lebih fleksibel. Dahulu sepatu kulit/sintetis ini lebih akrab dengan kelas pekerja di pabrik, namun kini penggunaannya bisa dipakai di kegiatan non formal.

Pengaruh budaya populer turut serta membawa sepatu bot jadi idaman, beberapa orang tampak jadi lebih percaya diri menggunakan sepatu bot ini.

Oleh karena itu, penting untuk bisa memilih sepatu bot agar cocok dan nyaman saat digunakan. Berikut adalah tips tentang bagaimana cara untuk memilih sepatu bot agar nyaman digunakan.

Pilih ukuran yang tepat

Memilih ukuran sepatu bot yang tepat tentu sangat penting. Mengukur kaki sebelum membeli sepatu harus dilakukan, karena seiring berjalannya waktu ukuran kaki kita dapat berubah.

Mencoba sepatu pun sebaiknya dilakukan saat malam hari. Karena kaki akan membesar setelah seharian beraktivitas. Gunakan kaos kaki saat mencoba sepatu, ini dilakukan agar kaki tetap nyaman meski ditambahkan kaos kaki.

Sepatu Docmart (Instagram/docmarters)

Pastikan memilih sepatu bot yang memiliki insole yang nyaman.

Bagian dalam sepatu yang bersentuhan langsung dengan kaki atau insole ini memiliki peranan penting saat kita memilih sepatu.

Pilihlah sepatu dengan insole yang dapat menyangga seluruh kaki, dan tetap memiliki tekstur fleksibel saat digunakan.

Selain itu, cobalah untuk berdiri dengan ujung kaki. Hal ini dilakukan agar mengetahui bahwa ruang di antara jari kaki dan ujung sepatu memiliki ruang yang cukup.

Pilih bot yang tahan air

Sepatu bot yang tahan air memiliki keunggulan tersendiri. Padatnya aktivitas sering kali membuat kita kerap terjebak dalam hujan, oleh karena itu penting untuk memilih sepatu bot yang tahan air agar kaki kita tetap kering.

Perhatikan bahan yang digunakan

Pada umumnya sepatu bot terbuat dari bahan kulit, atau bahan sintetis lainnya. Hindari sepatu bot dengan bahan material yang kasar, karena hal ini bisa membuat kaki kita menjadi lecet.

Pastikan memiliki sol yang kuat

Sepatu bot kerap kali digunakan untuk sepatu 'tempur' atau dalam hal ini sepatu lapangan.

Sepatu bot dengan sol yang kurang kuat tentu akan menghambat produktivitas, atau bisa cepat rusak. Oleh karenanya, penting memilih sepatu bot dengan sol yang kuat, agar bisa tahan lama.

Berita Lainnya