Perkiraan Gaji atau Honor Paskibraka Nasional, Provinsi, Kabupaten

Kira-kira berapa ya gajinya?

Paskibraka Nasional 2023 (INSTAGRAM/jokowi)
Fri, 18 Aug 2023

Paskibraka Nasional 2023 telah usai melaksanakan upacara Bendera Merah Putih, Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78 di Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis (19/08/2023). 

Berikut adalah penjelasan tentang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka, serta honor yang diterima untuk upacara pengibaran bendera.

Dilansir dari Detik, Paskibraka merupakan tim khusus yang dibentuk untuk melakukan tugas pengibaran bendera saat upacara pengibaran bendera Merah Putih di Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia pada 17 Agustus. Selain melakukan pengibaran bendera, Paskibraka juga melakukan tugas upacara penurunan bendera.

Paskibraka tidak hanya bertugas di tingkat Nasional tapi juga ada yang bertugas di tingkat Kabupaten/kota dan Provinsi. Para calon Paskibraka akan melakukan beberapa tahap seleksi untuk bisa ditetapkan sebagai petugas Paskibraka.

Diketahui, para anggota Paskibraka yang telah menyelesaikan tugasnya akan mendapatkan gaji atau honor. Adapun nominal yang diterima pada setiap tingkatan yang berbeda-beda.

Simak kisaran gaji yang diterima oleh para anggota Paskibraka di berbagai tingkat dalam artikel di bawah ini, Kawula Muda.

Paskibraka Nasional 2023 (SETKAB)

 

Gaji Paskibraka Tingkat Kabupaten / Kota

Diketahui, gaji atau honor yang diterima oleh para anggota Paskibraka tingkat Kabupaten atau kota ternyata tergantung pada kebijakan pemerintah masing-masing kota. Kisaran gajinya sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 1,5 juta.

Selain itu, biasanya pemerintah daerah juga akan memberikan bonus lainnya seperti biaya pendidikan.

Gaji Paskibraka Tingkat Provinsi

Sama seperti Paskibraka tingkat Kabupaten atau Kota, para anggota Paskibraka di tingkat Provinsi akan menerima gaji atau honor yang tergantung pada kebijakan provinsi masing-masing, dengan kisaran sekitar Rp 1,5 juta per orang, sesuai dengan Satuan Standar Harga (SSH).

Diketahui, para anggota Paskibraka juga akan diberikan uang pengganti transportasi dan sertifikat yang dapat digunakan untuk kebutuhan pendaftaran ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Gaji Paskibraka Tingkat Nasional

Para anggota Paskibraka tingkat Nasional yang bertugas dalam upacara di Istana Negara, ternyata memiliki gaji yang cukup besar dibandingkan tingkat kabupaten/kota dan Provinsi. 

Diketahui, honor yang diterima oleh para anggota Paskibraka Nasional sekitar Rp 3 Juta hingga Rp 10 Juta.

Tidak hanya honor, ada juga bonus atas kinerjanya, contohnya para anggota Paskibraka Nasional 2022 yang mendapatkan tabungan emas dari Pegadaian senilai Rp 3 juta per orang. Begitu juga dengan pelatih yang mendapatkan masing-masing Rp 1 juta, dengan total beasiswa tabungan emas senilai Rp 248 juta untuk 68 anggota Paskibraka dan 44 orang pelatih.

Itulah Kawula Muda perkiraan gaji atau honor yang diterima oleh para anggota Paskibraka di berbagai tingkatan daerah. Lo tertarik untuk menjadi Paskibraka, Kawula Muda?

Berita Lainnya