Pharrell Williams Ditunjuk jadi Direktur Kreatif Busana Pria Louis Vuitton

Pelantun "Happy" ini memulai babak baru di dunia fashion, Kawula Muda

Pharrell Williams resmi menjadi direktur kreatif yang baru untuk lini busana pria Louis Vuitton (LOUIS VUITTON)
Wed, 15 Feb 2023

Pharrell Williams resmi menjadi direktur kreatif yang baru untuk lini busana pria Louis Vuitton. Pharrell resmi mendapat peran tersebut yang sebelumnya dipegang oleh Virgil Abloh yang meninggal pada November 2021 lalu.

Melansir The Guardian, hadirnya Pharrell dalam merek mewah Louis Vuitton tersebut menandai kedua kalinya seorang desainer kulit hitam Amerika memegang posisi kepala di rumah mode mewah Prancis. Sebelumnya, Virgil diketahui mengukir sejarah sebagai yang pertama saat dilantik pada Maret 2018.

Kabar ini disampaikan langsung oleh CEO Louis Vuitton, Pietro Beccari dalam pernyataan resmi di akun Instagram Louis Vuitton, Selasa (14/02/2023).

“Louis Vuitton dengan senang hati menyambut Pharrell Williams sebagai Direktur Kreatif Pria yang baru. Koleksi pertamanya untuk Louis Vuitton akan diluncurkan Juni mendatang selama Men's Fashion Week di Paris,” ungkap Pietro dengan gembira.

Tidak hanya itu, visi Pharrell dinilai sejalan dengan Louis Vuitton, Kawula Muda.

“Pharrell Williams adalah seorang visioner yang dunia kreatifnya meluas dari musik ke seni, dan ke mode – memantapkan dirinya sebagai ikon global budaya selama dua puluh tahun terakhir. Cara dia mendobrak batasan di berbagai dunia yang dia jelajahi, sejalan dengan status Louis Vuitton sebagai Cultural Maison, memperkuat nilai inovasi, semangat perintis, dan kewirausahaan,” tambah Pietro.

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, koleksi pertama Pharrell akan diungkap pada Juni 2024 selama pekan mode pria di Paris, Kawula Muda.

Sebagai direktur kreatif Louis Vuitton Men yang baru, Pharrell akan mengawasi desain dan arahan koleksi pria Louis Vuitton secara keseluruhan. Termasuk pakaian, aksesori, dan footwear.

Kreativitas dan visinya tidak diragukan diharapkan akan membawa perspektif baru, dengan tetap mempertahankan kemewahan dan workmanship di Louis Vuitton.

Penunjukan Pharrell  juga mencerminkan lanskap industri mode yang berubah mendorong batas kreativitas dan inovasi. Banyak label yang beralih menunjuk seniman dan figur yang tidak hanya berpengaruh di dunia mode, tapi juga industri kreatif secara keseluruhan.

Diketahui, Pharrell dianggap sebagai salah satu produser musik paling berpengaruh di abad ke-21 dengan memegang 13 penghargaan Grammy dan pada tahun 2014 lagunya yang berjudul “Happy” dinominasikan untuk Academy Award.

Meski begitu, melansir NY Times, kabar yang tidak terduga ini dinilai tidak terlalu mengejutkan mengingat sebelumnya Pharrell pernah berkolaborasi dengan label-label besar seperti Adidas dan Chanel. Ia juga memiliki label fashion-nya sendiri, yakni Billionaire Boys Club dan Ice Cream.

Tidak hanya itu, pada Januari 2022 Pharrell juga meluncurkan koleksi desain bersama Tiffany, merek perhiasan ternama yang diakuisisi oleh grup LVMH pada 2021.

Sebelumnya, Pharrell juga pernah berkolaborasi dengan Louis Vuitton dengan membuat sederet kacamata hitam pada tahun 2008 dan diterbitkan kembali oleh Virgil pada tahun 2018.

“Saya senang menyambut Pharrell kembali ke rumah, setelah kolaborasi kami pada tahun 2004 dan 2008 untuk Louis Vuitton, sebagai direktur kreatif pria baru kami. Visi kreatifnya di luar mode tidak diragukan lagi akan membawa Louis Vuitton menuju babak baru dan sangat menarik,” pungkas Pietro.

Jadi penasaran dengan koleksi Louis Vuitton dengan Pharrell Williams sebagai direktur kreatif yang baru, nih!

Berita Lainnya