Rambut Lisa BLACKPINK Alami Kerusakan, Apa Bahaya Rambut yang Kerap Dicat?

Semoga rambut Lisa bisa tumbuh sehat kembali ya, Kawula Muda!

Lisa sebut alami kerusakan parah pada bagian rambut (Instagram/@lalalalisa_m)
Tue, 09 Aug 2022


Rambut Lisa Blackpink kembali menjadi pembicaraan publik akhir-akhir ini. Adapun hal tersebut terkait dengan terlalu seringnya Lisa harus mengganti warna rambut untuk keperluan pekerjaan. 

Dalam persiapannya menghadiri acara brand BVLGARI dan CELINE di Paris, Prancis, Lisa pun menceritakan tentang kondisi rambutnya. 

Ilustrasi cat rambut (iSTOCK)

 

Lisa menegaskan bahwa ia tidak pernah memotong rambut walau kondisinya selalu pendek. Yang sebenarnya terjadi adalah rambut salah satu member BLACKPINK tersebut tidak pernah memanjang kembali. 

Sementara itu, mewarnai rambut memang dapat membuat penampilan seseorang menjadi lebih menarik. Namun, bahan kimia yang terkandung dalam cat rambut dapat menimbulkan beberapa efek samping. Berikut beberapa di antaranya!

Kerusakan Rambut

Pada saat mewarnai rambut, tidak jarang seseorang harus melakukan bleaching. Namun, dikarenakan bahan kimia yang keras, kandungan pada bahan bleaching tersebut dapat menyebabkan rambut mengalami kerontokan parah hingga rambut yang patah. 

Rambut Menipis

Dikarenakan melakukan kontak langsung dengan bahan kimia, rambut memiliki potensi untuk mengalami penipisan. Bahkan, tak jarang permukaan rambut menjadi kasar hingga ‘elastis’ akibat terpapar bahan kimia secara berlebihan. 

Kulit Kepala Terbakar

Kandungan bahan kimia di dalam pewarna rambut dapat memicu iritasi kulit kepala. Selain dapat menyebabkan kulit kepala merasakan sensasi panas terbakar, pewarna rambut dapat menyebabkan berbagai iritasi kulit. 

Alergi

Mayoritas bahan cat rambut mengandung bahan kimia para-phenylenediamine (PPD). Bahan itulah yang berpotensi menjadi alergen sehingga menyebabkan reaksi alergi di kulit kepala. 

Kanker

Beberapa bahan kimia pun dinilai dapat meningkatkan risiko kanker, misalnya para-phenylenediamine (PPD), timbal asetat, hingga coal tar. Bahan kimia tersebut pun dapat masuk ke dalam tubuh lewat pori-pori dan berpotensi terhirup saat bernapas.

Hati-hati dalam mengubah penampilan rambut ya, Kawula Muda. Selalu pilih bahan yang cocok dengan pemakaian yang sesuai.  

Berita Lainnya