Rayakan Hari Pendidikan Nasional, Berikut Film Indonesia Tema Pendidikan

Selamat hari pendidikan nasional, Kawula Muda!

Deretan film tentang pendidikan yang menginspirasi (KOLASE PRAMBORS)
Tue, 02 May 2023

Setiap tahunnya, 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Hari ini menjadi spesial bagi para siswa hingga insan pegiat pendidikan mengingat pendidikan adalah kunci untuk memajukan bangsa di masa depan.

Pentingnya pendidikan dan sekolah juga disadari oleh insan perfilman Indonesia. Banyak pula film yang menceritakan tentang pendidikan untuk menginspirasi anak bangsa. Beberapa cerita yang digarap mulai dari perjuangan seorang siswa dalam mengecap pendidikan hingga asam garam yang dilalui oleh seorang guru untuk tetap mengajar. 

Berikut beberapa rekomendasi film bertema pendidikan dengan kisah yang menginspirasi, Kawula Muda! 

Laskar Pelangi


Film ini diadaptasi dari novel populer karya Andrea Hirata. Adapun Laskar Pelangi mengisahkan tentang perjuangan sekelompok anak miskin di desa Belitung untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Dalam film ini, Kawula Muda dapat melihat bagaimana pendidikan bisa menjadi sarana untuk mengubah nasib seseorang dan memberikan harapan baru bagi masyarakat.

Negeri Lima Menara


Negeri Lima Menara menceritakan tentang Alif, seorang Minangkabau yang tidak pernah keluar dari tanah kelahirannya. Namun, belajar di pondok membuatnya ingin mengenal dunia secara luas, salah satunya lewat pendidikan. Ia terheran-heran dengan komentator sepakbola berbahasa Arab hingga anak yang mengigau dalam bahasa Inggris. Alif dan teman-temannya pun mempercayai bahwa siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan sukses sehingga mereka benar-benar bertekad untuk belajar di negera lain demi mengejar mimpi masing-masing. 

Mars: Mimpi Ananda Raih Semesta


Film ini berkisah tentang seorang ibu buta huruf yang berasal dari desa terpencil yang tengah berjuang supaya sang anak perempuannya dapat sekolah dan punya hidup yang lebih baik dari dirinya. Di tengah keterbatasan yang ada, ia menyekolahkan anaknya, Sekar Palupi karena tidak ingin sang anak bernasib seperti dirinya. Bersama, mereka mencoba melihat semesta lebih luas lewat pendidikan.  

Sokola Rimba


Setelah hampir tiga tahun bekerja di sebuah lembaga konservasi di wilayah Jambi, Butet Manurung telah menemukan hidup yang diinginkannya. Mimpi itu membawanya mengajar baca tulis dan berhitung kepada anak-anak masyarakat suku anak dalam, yang dikenal sebagai Orang Rimba. Film ini pun menceritakan perspektif Butet sebagai guru mengenai sulitnya memperluas akses pendidikan bagi masyarakat pedalaman baik dari faktor akses hingga mitos kental yang masih dimiliki masyarakat suku dalam. 

Sang Pemimpi


Film ini juga diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata dan merupakan sekuel dari film Laskar Pelangi. Sang Mimpi mengisahkan tentang perjuangan Ikal dan sahabatnya untuk melanjutkan pendidikan ke universitas. Film ini menunjukkan sulitnya mengakses pendidikan yang layak bagi kaum marginal beserta inspirasi agar tidak menyia-nyiakan ilmu yang sangat berharga semasa sekolah. 

Selamat Hari Pendidikan Nasional, Kawula Muda!

Berita Lainnya