Rekomendasi Prambors: Apa yang Harus Dilakukan oleh Mahasiswa Baru?

Supaya kehidupan kuliah lo bisa 'tenang' sampe akhir, Kawula Muda!

Ilustrasi sekelompok mahasiswa. (FREEPIK)
Sun, 10 Jul 2022

Untuk mahasiswa baru, memasuki dunia perkuliahan tentu sangat berbeda jika dibandingkan dengan masa sekolah. Mulai dari sistem perkuliahan, teman-teman yang ditemui, hingga materi yang dipelajari. 

Lantas, kita-kita apa saja ya yang harus dilakukan seolah mahasiswa baru? Berikut beberapa rekomendasi Prambors akan hal yang harus dan tidak harus lo lakukan sebagai mahasiswa baru ya!

Ilustrasi perkuliahan. (PIXABAY)

  

Aktif di Berbagai Kegiatan

Selain aktif di kelas, tidak ada salahnya apabila lo juga aktif di berbagai kegiatan perkuliahan loh! Sebut saja organisasi kampus hingga kegiatan-kegiatan lainnya. Walau begitu, tetap harus diimbangi dengan kemampuan fisik dan manajemen waktu yang baik ya, Kawula Muda!

Jangan Kebut Semalam!

Pada awal kelas perkuliahan, biasanya dosen akan menjelaskan tugas-tugas apa saja yang harus dilakukan oleh seorang mahasiswa. Hal tersebut meliputi tugas mingguan, tugas tengah semester, hingga proyek di akhir semester. Karena itu, cobalah buat strategi untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut ya, Kawula Muda! Jangan sampai tugas tersebut kian bertumpuk sehingga harus dikerjakan secara SKS alias Sistem Kebut Semalam. 

Jangan Ragu Berkenalan

Masa kuliah bukan lagi masa malu-malu kucing untuk berkenalan dengan orang lain, Kawula Muda! Cobalah untuk keluar dari zona nyaman dan mulai mencari ‘koneksi’ di berbagai kesempatan. Bisa jadi, orang tersebut bisa membantu lo dalam banyak hal loh! Misalnya saja untuk mencari tempat magang di semester ‘tua’ nantinya.

Datang Kuliah

Bagaimana pun, perlu diingat bahwa tujuan utama kuliah adalah untuk belajar. Walau tidak memiliki guru seketat masa sekolah dulu, jangan sampai kehadiran lo bolong-bolong ya, Kawula Muda! Jangan sampai, lo tidak dapat mengikuti ujian akhir dan harus mengulang beberapa mata kuliah dari awal. Selain sayang waktu, sayang uang juga, Kawula Muda.

Cari Pengalaman

Sebagai mahasiswa baru, wajar-wajar saja apabila lo memiliki keinginan untuk lulus dengan nilai yang terbaik. Namun, jangan jadikan hal tersebut sebagai penghalang untuk aktif di berbagai kegiatan ya, Kawula Muda! Karena bisa saja pelajaran terbaik justru datang dari pengalaman. Misalnya saja pengalaman magang hingga menjadi sukarelawan di berbagai kegiatan. 

Good luck, Kawula Muda!

Berita Lainnya