Riddle Tebak-tebakan Seru untuk Game Ice Breaking Serta Jawabannya!

Mana yang paling susah, Kawula Muda?

Ilustrasi bermain teka-teki seru bersama teman-teman (UNSPLASH/VITOLDA KLEIN)
Mon, 06 Feb 2023

Permainan riddle tebak-tebakan yang seru tentu berguna untuk ice breaking dan mengundang canda tawa dengan teman-teman. Tak hanya seru, teka-teki berikut juga dapat melatih otak loh, Kawula Muda!

Riddle atau teka-teki menjadi salah satu permainan yang cukup menarik untuk dilakukan bersama teman atau keluarga. Memecahkan sebuah riddle tentu menjadi kepuasan tersendiri. 

Untuk lo yang ingin menjadi game master alias sang pembuat teka-teki, berikut penjelasan 20 teka-teki seru nan sulit untuk waktu luang lo, Kawula Muda! 

Riddle Pertanyaan Ice Breaking Seru!

Ilustrasi bermain teka-teki seru bersama teman-teman (UNSPLASH/VITOLDA KLEIN)

 

1. Bumi Itu Bulat

Clue: Bumi itu bulat

Pertanyaan: 30 + 5 = ?

Jawaban: 1

Penjelasan: Karena clue adalah bumi itu bulat, maka yang perlu lo perhatikan hanyalah jumlah lingkaran di pertanyaan, Kawula Muda! Karena itu, hanya angka ‘0’ pada ‘30’ lah yang dianggap merupakan jawaban. 

2. Orang Ketiga

Clue: Jangan lupakan orang ketiga

Pertanyaan: Orang pertama Adele, orang kedua Harry, orang ketiganya siapa?

Jawaban: Orang ketiganya Taylor!

Penjelasan: Intinya, cukup berikan kalimat  "Orang ketiga" di jawaban lo, seusai dengan clue-nya, Kawula Muda! Sementara itu, terkait nama yang disebut, lo dapat menyebutkan nama siapa saja. 

3. Tepuk Nyamuk

Clue: Tepuk nyamuk
Pertanyaan: (Penanya menepuk tangan berkali-kali seperti menangkap nyamuk) Ada berapa nyamuk yang berhasil ditepuk?

Jawaban: enam

Penjelasan: Lo tidak perlu menghitung seberapa banyak sang penanya menepuk tangan. Akan tetapi, cukup hitung jumlah kata yang ditanya oleh sang penanya. Karena pertanyaannya adalah "Ada berapa nyamuk yang berhasil ditepuk", maka jawabannya adalah 6 (kata). Jika "Ini berapa nyamuk?" maka jawabannya adalah 3.

4. Harta Paling Berharga

Clue: Harta paling berharga

Pertanyaan: 3 Ungu ditambah 1 Hijau jadinya apa?

Jawaban: Biru!

Penjelasan: Harta paling berharga yang dimaksud pada clue adalah uang. Karena itu, warna pun mewakili masing-masing uang, yakni ungu mewakili Rp 10.000 dan hijau mewakili Rp 20.000. Setelah menambahkan 3 ungu dan 1 hijau, maka hasilnya adalah biru alias Rp 50.000!

5. All Around The World

Clue: All around the world

Pertanyaan: Sekarang lagi di Indonesia maka 5 jam lagi di mana?

Jawaban: Nigeria

Penjelasan: Cukup cari huruf ke-5 pada kata Indonesia, yakni ‘N’. setelahnya, lo hanya perlu menyebutkan negara yang diawali huruf N seperti (N)igeria, Kawula Muda!

6. Bangun Pagi

Clue: Hal pertama yang dilihat pas bangun pagi. 

Pertanyaan: Sekarang gue di lantai 1. Kalo turun dua lantai dan belok kanan 1 kali jadi di lantai berapa?

Jawaban: Lantai 8!

Penjelasan: Maksud hal pertama yang dilihat pas bangun pagi adalah ponsel. Nah, coba lihat deretan angka di ponsel jadul, yakni ‘1-2-3’, diikuti oleh ‘4-5-6’, ‘7-8-9’ dan ‘0’ di paling bawah. Jadi, ketika pada mulanya berada di lantai 1 dan turun dua lantai, maka lo berada di lantai 7. Kemudian, belok kanan sekali hingga kini lo berada di lantai 8, Kawula Muda!

Ilustrasi bermain teka-teki seru bersama teman-teman (UNSPLASH/VITOLDA KLEIN)

 

7. Cekrek, cekrek, foto siapa?

Clue: -

Pertanyaan: cekrek-cekrek, gue lagi foto siapa? (setelah pertanyaan, penanya mengikuti gerakan orang yang ia pilih, misal Adele.)

Jawaban: Adele!

Penjelasan: Pada teka-teki ini, tidak penting ke arah mana tangan penanya ketika membuat gerakan ‘cekrek-cekrek’. Yang terpenting adalah gerakan siapa yang sekiranya diikuti oleh sang penanya, Kawula Muda! 

8. Ikut Tapi Harus Bawa Barang

Clue: Boleh ikut tapi harus bawa barang

Pertanyaan: Gue mau ke MONAS, gue bawa mobil. Lo bawa apa?

Jawaban (orang kedua): Obeng

Jawaban (orang ketiga): Nanas

Penjelasan: Kunci dari pertanyaan ini adalah menyesuaikan jawaban dengan huruf dari pertanyaan. Karena pertanyaan adalah MONAS, maka silakan cari barang yang berawal ‘M’ (mobil), diikuti ‘O’ (obeng), dan seterusnya. 

9. Berapa Pisang?

Clue: Berapa pisang?

Pertanyaan: Ada berapa pisang (Penanya mengangkat dua jari)

Jawaban: Lima pisang!

Penjelasan: Pisang pada clue adalah hal yang paling penting. Karena itu, tidak peduli beberapa angka yang disebut oleh para penjawab, hal terpenting adalah adanya kata ‘pisang’ di akhir kalimat, Kawula Muda! 

10. Campur Warna

Clue: -

Pertanyaan: Tas warna hitam dicampur sama pensil warna kuning jadinya warna apa? (penanya memegang tembok putih)

Jawaban: Putih! 

Penjelasan: Mari lupakan teori warna di dunia nyata sejenak, Kawula Muda! Pada pertanyaan nyeleneh ini, hal terpenting adalah warna apa yang disentuh oleh penanya. Karena itu, apabila sang penanya menyentuh kursi warna hijau, tentu jawabannya juga menjadi ‘hijau’, Kawula Muda!

11. Hitung Hari

Clue: Menghitung hari

Pertanyaan: 2+3= 5, 5+8=6, kalau 2+9 berapa?

Jawaban: 4!

Penjelasan: karena menghitung hari, maka ingat kalau hari berjumlah tujuh (Senin sampai Minggu). Karena itu, ketika sudah melebihi 7, maka lo harus kembali ke angka 1. Misalnya 2+9= 11. Maka dari 8-11 akan dihitung kembali menjadi 1 (mewakili 8 yang kembali ke Senin) hingga 4 (mewakili 11 yang merupakan hari Kamis).

12. Berpikir Sebelum Menjawab

Clue: Berpikir sebelum menjawab

Pertanyaan: Makan bakso malang tapi dicampur es teh manis jadinya apa?

Jawaban: Hmmmmm...telur puyuh!

Penjelasan: Sebenarnya, lo dapat menjawab dengan jawaban apapun, Kawula Muda! Hal terpenting adalah lo harus pura-pura berpikir terlebih dahulu seperti ‘Hmmmm’.

Riddle Sulit dan Horor, Berani Pecahkan?

Ilustrasi bermain teka-teki seram bersama teman-teman (ISTOCK)

  

1. Misteri Pembunuhan

Sepasang suami istri melanjutkan perjalanan mendaki. Ketika hanya sang suami yang kembali dari liburan, dia mengatakan bahwa istrinya terpeleset dari tebing saat mendaki dan meninggal.

Saat menyelidiki, polisi setempat menangkap si suami dengan mengatakan, “Agen perjalanan Anda menelepon. Informasi yang kami terima membuat kami sadar bahwa Anda membunuh istri Anda.”

Jawaban: Pria itu hanya membeli tiket sekali jalan untuk istrinya, sedangkan dia membeli tiket pulang-pergi untuk dirinya sendiri. Karena itu, dia yakin akan kembali sendirian.

2. Makan Malam

Beberapa hari yang lalu, aku diajak temanku untuk makan malam di rumahnya. Hal yang menurutku aneh adalah, baru-baru ini ia terlibat pada sebuah ajaran agama yang aneh.

Sesampainya aku di sana, dia menyuguhiku dengan berbagai macam daging, tetapi ia tidak memberitahuku daging apa itu. Itu sedikit membuatku ragu. Aku mengira bahwa itu adalah daging manusia, tetapi setelah aku memakannya, aku langsung menyadari bahwa itu bukanlah daging manusia.

Jawaban: Si "Aku" itu sebenarnya juga terlibat sama ajaran agama aneh itu.

3. Pria Di Bawah Kasur

Sejak kematian ayahku, adikku selalu tidur di kamar ibuku. Maklum dia masih kecil dan belum sekolah. Namun dia cukup cerewet serta memiliki imajinasi yang bagus.

Seperti pada sore itu, dia bercerita tentang seorang pria yang bersembunyi di kolong tempat tidurnya. Ada-ada saja imajinasinya. Hampir setiap hari ia mengatakan hal itu. 

Akhirnya aku menuruti keinginannya. Aku mencoba untuk melihat di bawah tempat tidur ibuku. Tidak ada apapun. Bahkan debu dan kotoran juga tidak ada. Adikku memang menjengkelkan.

Jawaban: Umumnya kolong tempat tidur berdebu kecuali debu itu menempel pada badan seseorang.

4. Tes Autopsi

Belajar untuk menjadi seorang dokter benar-benar memerlukan kerja keras, tetapi aku mendapatkan nilai sempurna pada tes autopsi pada hari Jumat lalu. Tetapi semua itu berkat bantuan dari teman sekamarku. Aku berharap dapat berterima kasih kepadanya, tetapi dia sudah tidak bersama kami lagi. RIP Jacob.

Jawaban: Berkat Jacob, nilai tes autopsinya bisa sempurna. ‘Aku’ mungkin telah membunuh Jacob.


Burung Kakaktua

Aku mulai kesepian karena terlalu lama tinggal sendirian. Karena itu, aku memutuskan memelihara seekor burung kakaktua.

Kakaktua itu mulai meniru semua perkataanku, bahkan menyapaku tiap hari. Tiap pagi ia selalu berkata, “Ohayou” (selamat pagi) dan tiap malam ketika aku pulang kerja, ia selalu berkata, “Welcome.” (selamat datang). Benar-benar burung yang pintar.

Jawaban:

Si kakaktua itu hanya bisa meniru, dan tidak bisa menyapa. berarti ada orang lain atau hantu di rumah itu yang mengajari kakatua itu menyapa.

Berita Lainnya