Seperti Mumi, Video Biksu Thailand Berumur Ratusan Tahun jadi Viral!

Menurutmu gimana, Kawula Muda?

Luang Pho Yai (THESUN)
Mon, 07 Mar 2022

Terdapat sebuah video yang telah beredar di media sosial, seorang biksu lelaki Buddha Luang Pho Ya asal Thailand yang usianya sudah diangka 109 tahun, karena bentuknya sudah seperti mumi.
Seperti pada laman IFL Science, video biksu tersebut diambil oleh cucu biksu, Auyary di akun TikToknya, @auyary13.

Melalui video itu, banyak warganet yang mengira biksu tersebut berusia 163 tahun, namun menurut pemeriksa fakta Snopes, kakek itu baru berusia 109 tahun.
Klaim lain datang bahwa ia lahir pada tahun 1600-an, hidup melalui kebangkitan dan penurunan beberapa kerajaan, yang tentu saja itu tidak mungkin. Rumor pun beredar, Luang Pho Yai menjalankan teknik mumifikasi yang di kalangan biksu Thailand dikenal sebagai Sokushinbutsu.

Luang Pho Yai (TIKTOK/@auyary13)

Wanita Tertua di Dunia

Sementara itu, manusia tertua yang tercatat adalah Jeanne Calment, ia hidup sampai usia 122 tahun. Lalu, untuk pria tertua, Jiroemon Kimura, namun meninggal pada usia 116 tahun.

Wanita tersebut juga membuat orang bertanya-tanya. Calment, yang mengaku telah bertemu Vincent van Gogh berusia 12 (atau 13 tahun) juga menjalani serangkaian tes kognitif untuk menunjukkan bahwa ia berusia seperti yang dibicarakan. Tes tersebut mengungkap bahwa Calment sebanding dengan orang-orang dengan tingkat pendidikan yang sama pada usia delapan puluhan dan sembilan puluhan.

Orang-orang berspekulasi bahwa Calment yang menjalani tes itu adalah anak dari Jeanne Clement, maka dari itu penelitian tersebut pun berjudul 'Jeanne Memiliki Sesuatu untuk Disembunyikan'.

Dalam kasus Luang Pho Ya, segalanya jauh lebih jelas. Dia berusia 109 tahun, dan beberapa orang di Internet, untuk alasan yang paling dikenal oleh mereka, menambahkan 290 tahun tambahan untuk umurnya yang sudah mengesankan.

Berita Lainnya