Simak Tips Hemat untuk Anak Kos!

Buat Kawula Muda yang baru ngekos, berikut tips hemat buat kamu

Ilustrasi Anak Kosan (FergieJNX)
Sun, 10 Jul 2022

Memasuki pertengahan tahun berarti memasuki semester baru, mahasiswa baru juga mulai bersiap-siap untuk menyambut perkuliahan. Bagi yang kuliah di luar kota biasanya akan mencari kos-kosan untuk mobilitas perkuliahan agar lebih terjangkau.

Saat menjadi anak kos, biasanya akan menemui beberapa masalah yang umumnya dialami semua anak kos, seperti uang menipis belum pada waktunya, atau saat punya kebutuhan mendadak, tapi tidak memiliki uang.

Buat antisipasi itu, berikut tips berhemat untuk anak kos:

Memasak Sendiri

Makan adalah kebutuhan pokok manusia, membeli makanan di luar memang praktis, dan begitu banyak pilihannya, mulai dari harga kaki lima sampai harga bintang lima. Namun, hal itu nyatanya bisa bikin keuangan lebih boros.

Nah, biar enggak boros, Kawula Muda lebih baik masak sendiri. Karena satu kali masak, bisa untuk tiga kali makan seharian. Uang Rp 20.000 yang biasanya lo keluarkan untuk sekali makan bisa jadi simpanan.

Sediakan Air Galon

Selain makan, salah satu kebutuhan pokok manusia adalah air, dalam hal ini air minum. Dengan membeli air galon, lo hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 20.000 hingga Rp 30.000 untuk 3-4 minggu. Sedangkan, air minum kemasan ukuran sedang harga Rp 3.000 sampai Rp 4.000 bisa lo habiskan dengan cepat alias boros.

Ilustrasi uang dan korupsi (UNSPLASH/Markus Spiske)

Mencuci Baju Sendiri

Meskipun saat ini penyedia jasa laundry kiloan banyak dijumpai, bahkan diiming-imingi promo secepat kilat, mencuci sendiri tetap menjadi pilihan tepat kalo lo mau hemat ya Kawula Muda!

Meluangkan waktu sebentar untuk mencuci terasa sepadan jika harus menghabiskan Rp 7.000 rupiah sekali laundry, karena uang tersebut bisa lo alokasikan untuk kebutuhan lain.

Memilih kos yang Strategis

Memiliki tempat kos yang strategis merupakan satu keistimewaan sendiri, jika tempat kos dekat dengan halte bus, atau stasiun bisa mempermudah mobilitas lo. Apalagi kalo tempat kosnya dekat dengan kampus. Dengan berjalan kaki, lo bisa sampai kampus tanpa ongkos.

Uang bulan ini masih aman kan, Kawula Muda?

Berita Lainnya