Sneakers Nike Louis Vuitton Karya Terakhir Virgil Abloh Dilelang sampai Rp 87 Miliar

Sebelum meninggal dunia pada 2021, Virgil Abloh sempat merampungkan koleksi sneakers Nike dengan Louis Vuitton, Kawula Muda.

Salah satu sneakers di koleksi kolaborasi antara Nike dan Louis Vuitton. (louisvuitton)
Thu, 03 Feb 2022

Sebelum meninggal pada November 2021, Virgil Abloh sempat merampungkan koleksi sneakers atas kolaborasi Nike dan Louis Vuitton. Sneakers yang diberi nama Nike Air Force 1 tersebut tetap dilelang walaupun Abloh sudah tiada. 

Tidak disangka, harga lelang melonjak tinggi. Harga awal lelang adalah 2.000 dolar AS atau sekitar Rp 28 juta. Namun ternyata, harga lelang mencapai 6,1 juta dolar AS atau setara dengan Rp 87,7 miliar.

Semua penjualan koleksi sneakers tersebut akan disumbangkan 100% untuk The Virgil Abloh 'Post-Modern' Scholarship Fund untuk siswa keturunan Afrika di industri fashion.

The Virgil Abloh 'Post-Modern' Scholarship Fund adalah yayasan yang didirkikan oleh Abloh bersama Fashion Scholarship Fund pada Juli 2020.


Lelang sepatu kolaborasi Nike dan Louis Vuitton rancangan Virgil Abloh mencapai milliaran. (sneakerfreaker.com)

 

Sneakers kolaborasi Nike dan Louis Vuitton tersebut menyediakan sebanyak 200 pasang sneakers dengan berbagai ukuran yang digelar sejak tanggal 26 Januari - 8 Februari 2022 oleh Sotheby's. Kolaborasi itu menjadi salah satu warisan fashion paling besar untuk Virgil Abloh.

Sepatu rancangan Abloh dirilis ke fashion show Louis Vuitton untuk koleksi di musim Spring/Summer 2022 bersamaan dengan peragaannya, seri Nike Air Force 1 genap berusia 40 tahun.

Nike Air Force 1 pertama kali didesain pada tahun 1982, dan berhasil menjadi fenomena global serta menjadi favorit para pencinta sneakers di seluruh dunia.


Berita Lainnya