Studi: Seorang Butuh 8 sampai 12 Kali Pelukan dalam Sehari

Banyak manfaat loh, Kawula Muda.

Menurut studi, seorang butuh 8 sampai 12 kali berpelukan dan mendapatkan banyak manfaat (UNSPLASH)
Thu, 17 Aug 2023


Pelukan memang terbukti bisa menenangkan hati seseorang. Selain sebagai ungkapan rasa sayang, ternyata menurut studi berperlukan memang dibutuhkan setiap harinya, bahkan dan ada jumlah minimalnya, loh, Kawula Muda.

Mendapatkan pelukan tidak hanya dari pasangan saja tapi bisa melalui keluarga, kerabat, atau sahabat. Selain itu, banyaknya jumlah pelukan memiliki manfaat yang berbeda-beda. 

Berdasarkan studi dari Carnegie Mellon University, seseorang membutuhkan setidaknya 4 pelukan sehari untuk merasa lebih damai dan terlindungi.

Lalu, manusia setidaknya harus memiliki 8 pelukan agar mereka lebih kuat dan mendorongnya untuk lebih semangat.

Sedangkan manusia yang mendapatkan 12 pelukan dalam sehari bisa terbantu untuk bertumbuh kembang dan memiliki kehidupan yang lebih bahagia.

Melansir dari Happify, Rabu (16/08/2023), pelukan mengaktifkan hormon oksitoksin, yang membuat kita merasa hangat. Dalam sebuah studi di University of North Carolina pelukan juga dapat mengurangi rasa takut akan kematian.

Para responden cenderung memiliki lebih sedikit kecemasan terhadap kematian ketika disentuh atau dipeluk dengan ringan.

Kawula Muda, kita lihat yuk manfaat lainnya dari berpelukan yang telah dirangkum Prambors dari berbagai sumber.

Manfaat Berpelukan dalam Sehari

Sebagai manusia, sentuhan fisik sangat penting dan ada banyak cara pelukan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah penjelasan bagaimana pelukan dapat berdampak positif bagi kesehatan.

1. Memperbaiki tidur

Mendapatkan pelukan sebelum tidur berefek mengurangi kecemasan dan bisa meningkatkan kualitas tidur.
Pelukan melepaskan hormon stres yakni pelepasan oksitoksin yang efeknya bisa menenangkan serta dapat membuat tidur lebih nyenyak.

2. Berikan rasa damai

Pelukan bisa memberikan rasa nyaman, tenang dan damai dalam diri. Selain itu, pelukan juga mendorong kita untuk berpikir lebih positif.

3. Menyehatkan jantung

Penelitian di University of North Carolina, menyebut bahwa tidak melakukan kontak dengan pasangannya mengalami peningkatan detak jantung sekitar 10 detak per menit.

4. Meningkatkan imun

Seseorang yang menerima lebih banyak pelukan umumnya lebih jarang sakit atau mungkin sakitnya tidak terlalu parah. Hal ini berkaitan dengan manfaat pelukan yaitu seseorang bisa merasakan dukungan sosial dari orang lain.

5. Menurunkan tekanan darah

Mengutip dari Halodoc, rasa nyaman dan tenang timbul karena berpelukan bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Sering mendapatkan pelukan bisa menjaga tekanan darah dan lebih terkontrol.

Kawula Muda, itu dia jumlah berpelukan yang dibutuhkan seseorang dalam sehari serta manfaat pelukan bagi tubuh.

Berita Lainnya