8 Pasangan Ideal dan Cocok Sesuai dengan Kepribadian MBTI

Lo tipe kepribadian MBTI apa dan cocok sama tipe apa?

Coupel Goals (UNSPLASH/timo stern)
Mon, 17 Jul 2023

Kawula Muda, lo pasti sudah tidak asing lagi dengan Myrs-Briggs Type Indicator (MBTI) yang merupakan tes kepribadian dengan mengenali watak dan karakter seseorang secara lebih detail. Terdapat 16 kelompok tipe kepribadian MBTI dengan karakter yang berbeda-beda.

MBTI bisa digunakan untuk mengetahui dan memahami dari potensi hingga kelemahan seseorang saat berinteraksi. Selain itu bisa juga untuk menilai bagaimana seseorang menjalin hubungan yang ideal dengan pasangan mereka. 

Untuk lo yang ingin mengetahui tipe MBTI yang cocok berdampingan dan menjadi pasangan ideal lo, simal penjelasannya sebagai berikut.

1. ENTP dan INTJ

INTJ merupakan tipe kepribadian MBTI yang lambat dalam memulai menjadi hubungan percintaan. Mereka cenderung lebih banyak diam dan tidak ingin memulai terlebih dahulu untuk mendekati seseorang.

Maka dari itu, INTJ cocok dengan ENTP yang memiliki sisi dominan dan kepemimpinan yang tinggi. Selain itu, ENTP lebih mudah memulai hubungan percintaan terlebih dahulu. Tapi, mereka juga mudah move on ketika hubungannya sudah berakhir.

Coupel Goals (UNSPLASH/chermiti mohamed)

 

2. ISFP dan ESFJ

ISFP memiliki sifat yang ramah dan berhati lembut, mereka juga cenderung menghindari konflik saat menjalani hubungan percintaan. Namun, aslinya mereka sangat serius dan ingin sekali berkomitmen dalam jangka panjang ketika menjalin hubungan.

ISFP ini cocok dengan ESFJ sebagai pasangan ideal mereka. ESFJ menginginkan hubungan dengan jangka panjang ketika menjalin hubungan percintaan. ESFJ juga bisa menjadi pendengar yang baik untuk ISFP dan juga saling menguatkan ketika menghadapi kesedihan.

3. ESTP dan ISFJ

ESTP ini, khas dengan selera humornya yang tiggi dan optimis dalam mengerjakan sesuatu. Selain itu merek juga suka quality time dengan pasangan dan memberikan celotehan-celotehan yang lucu.

Sebab itu, ESTP cocok dengan ISFJ yang memiliki kecenderungan pendiam dan suka menyembungikan perasaannya. Candaan yang terlontarkan mampu membuat ISFJ dalan hubungannnya menyenangkan dan ISFJ juga mampu menemukan zona nyaman untuk perasaannya.

4. ENFP dan INFJ

ENFP memiliki sisi pribadi yang semangat, kreatif, dan berjiwa bebas. ENFP juga memiliki banyak ide-ide baru untuk membawa perubahan besar dalam hidupnya.

Sayangnya, ENFP tidak mampu bekerja sendiri, dirinya memerlukan seseorang yang membantu mewujudkan ide-ide nya dan support system saat sedih. ENFP dalam percintaan merupakan pasangan ideal untuk INFJ, yang mampu menguatkan dan mendukung pasangannya saat dalam kesedihan. Sisi lainnya, INFJ memiliki sifat yang keras kepala dan kreatif, dan hanya bisa ditaklukkan oleh ENFP, yang memiliki kepribadian yang dominan atau extrovert.

5. ISTJ dan ESFP

ISTJ merupakan pasangan ideal bagi ESFP. ESFP memiliki sifat santai, penyayang, hangat, dan semangat di setiap kegiatannya, sehingga mampu membuat suasan terasa menyenangkan dan tidak canggung. Maka dari itu, ESFP mampu melengkapi hubungan percintaan ISTJ. ISTJ akan mengerahkan segala usahanya untuk mempertahankan hubungannya dengan ESFP.

Coupel Goals (UNSPLASH/caroline veronez)

 

6. ENFJ dan INFP

ENFJ mempunyai sifat yang supel, ramah, dan mudah bergaul dengan siapa saja, dengan kemampuan komunikasi yang luar biasa membuat ENFJ bisa dihormati dan memengaruhi orang-orang.

ENFJ dalam hubungan percintaan sangat suka memberikan perhatian kecilnya untuk menyenangkan pasangan mereka, dan mereka akan membuat pasangannya merasa dihargai dan dicintai.

Maka dari itu, ENFJ adalah pasangan yang cocok bagi INFP, yang mempunyai sifat imajinatif dan menyukai perhatian kecil. ENFJ juga mampu mengendalikan INFP yang mempunyai sifat tertutup. Keduanya bisa langgeng dengan kepribadiannya yang setia dan ingin berkomitmen.

7. ISTP dan ENTJ

ISTP menyukai komunikasi yang singkat dan jujur, tidak suka bertele-tele dalam berhubungan. ENTJ menjadikan pasangan yang ideal bagi ISTP, dengan elemen dominan dan mampu menjadi pendengar yang baik.

Awal hubungan, ISTP memang cukup mandiri, suka menyendiri, dan tertutup perasaannya. Namun, berjalannya waktu, sifat dominan dan kepemimpinan ENTJ mampu mendorong ISTP untuk bersikap lebih terbuka.

8. INTP dan ESTJ

INTP biasanya merupakan orang-orang yang cerdas dengan pemikiran yang luas, kritis dan berani ambil risiko. INTP cenderung mempunyai 'musuh' yang tidak sejalan dengan dirinya yang suka mengkritik hal-hal yang tidak sejalan dengan visi dan misi hidupnya. Hal ini juga membuat INTP sering overthinking dan sulit mempercayai orang-orang.

INTP cocok dengan ESTJ. ESTJ dinilai ideal karena mereka suka mengendalikan intuisinya dalam memahami perasaan seseorang. INTP juga mampu membagikan perasaannya dan pemikirannya pada ESTJ tanpa merasa takut dijauhi dan di-judgment.

Itulah Kawula Mudah beberapa MBTI yang memiliki kecocokan sebagai pasangan ideal dalam hubungan percintaannya. Kalau lo belum mengetahui tipe MBTI lo, kenali tipe-tipenya melalui link artikel ini ya.

Berita Lainnya