11 Ciri-Ciri Pasangan Selingkuh Menurut Psikologi, Ketahui Sejak Awal

Amit-amit

Seperti apa ciri-ciri pasangan yang selingkuh? Simak penjelasan lengkap menurut psikologi (SHUTTERSTOCK)
Thu, 22 Jun 2023

Kawula Muda, selingkuh adalah salah satu red flag dalam hubungan yang menjadi tanda bahwa hubungan tidak sehat dan harus diakhiri.

Selingkuh pun banyak macamnya, seperti micro cheating atau macro cheating. Seperti yang dikutip Katadata melalui Psych Central, lebih dari 40% pasangan yang sudah menikah pernah terdampak oleh perselingkuhan, meski diakibatkan oleh micro cheating.

Ciri pasangan selingkuh sebenarnya bisa diketahui lewat tindakan kecil yang dilakukan oleh pasangan, Kawula Muda.

Dengan mengetahui ciri-ciri pasangan selingkuh, setidaknya hal tersebut dapat membantu untuk mengetahui langkah antisipasi kejadian-kejadian buruk yang tidak diinginkan pada hubungan yang sudah terjalin.

Simak ciri pasangan selingkuh di bawah ini.

Ciri-Ciri Pasangan Selingkuh

Menurut Doktersehat, pasangan yang selingkuh rupanya sudah memiliki ‘tanda’ secara psikologi, Kawula Muda. Kondisi psikologi ini akan tercermin dari tingkah laku dan aktivitas jika mereka memang berselingkuh. Berikut ciri pasangan selingkuh:

1. Ada Kebiasaan yang Berubah

Simak tanda pasangan yang selingkuh menurut psikologi (SHUTTERSTOCK)

Sebagai pasangan, tentu lo hafal apa saja yang menjadi kebiasaan pasangan lo. Jika ia tertarik dengan orang lain, tentu saja mereka akan mengubah sedikit demi sedikit kebiasaan mereka sesuai dengan selera selingkuhannya. Meski tidak semua kebiasaan yang berubah adalah tanda perselingkuhan, sikap pasangan yang berubah bisa menjadi tanda awal adanya sesuatu yang tidak biasa.

2. Perubahan Pada Komunikasi

Ilustrasi pasangan yang selingkuh (FREEPIK)

Komunikasi yang tidak lancar dengan pasangan merupakan salah satu indikasi perselingkuhan. Tidak hanya kurangnya komunikasi kecil yang biasa dilakukan sehari-hari, kebiasaan yang mungkin menunjukkan bahwa pasangan kita selingkuh adalah menghindari beberapa topik tertentu, menolak menjawab pertanyaan tanpa sebab, sering memutar balikkan fakta, hingga menghindari pembicaraan deep talk.

3. Perubahan Penampilan

Ciri pasangan yang selingkuh, bagaimana? (FREEPIK)

Ketertarikan kepada pria atau wanita lain bisa membuat seseorang mulai memperhatikan penampilannya lagi. Jika ia membeli baju atau parfum yang tidak biasa, hal ini patut diwaspadai, loh!

Tidak hanya penampilan, pasangan yang selingkuh kerap menunjukkan minat tertentu tanpa pernah mengajak atau bercerita kepada pasangannya untuk ikut atau bergabung dengan hobi dan kebiasaan barunya.

4. Tidak fokus

Salah satu hal yang menjadi ciri pasangan selingkuh adalah jika pasangan lo sering tidak fokus saat mengobrol dengan lo, Kawula Muda. Dengan tidak menyimak cerita atau meminta mengulangi cerita, bisa saja pikiran pasangan lo sedang fokus dengan orang lain.

5. Moody dan Impulsif

Menurut ilmu psikologi, orang yang bersikap impulsif cenderung mudah merasa bosan dan seluruh aktivitasnya sangat ditentukan oleh mood atau suasana hatinya.

Jika ia sedang merasa senang, tidak akan ada masalah. Namun jika mood-nya sedang buruk maka ia bisa berubah jadi kasar bahkan tidak segan-segan untuk melukai pasangannya baik secara verbal atau fisik.

6. Menghabiskan waktu masing-masing

Sebuah penelitian menunjukkan jika salah satu tanda awal perselingkuhan adalah menghabiskan banyak waktu secara terpisah. Tanda ini mungkin tidak disadari sejak awal, namun seiring berjalannya waktu, korban perselingkuhan akan merasa adanya jarak dengan pasangan, Kawula Muda.

7. Sering ada pertengkaran kecil

Ketika pasangan berselingkuh, ia akan cenderung memulai pertengkaran tanpa alasan yang jelas atau sepele. Selain untuk pengalihan isu, pertengkaran karena hal sepele yang intensitasnya meningkat adalah tanda yang aneh, bukan?

8. Cuek dan Terkesan Tidak Peduli

Bahkan untuk hal kecil seperti ulang tahun atau anniversary, pasangan yang selingkuh sering kali menunjukkan sikap cuek dan kurang perhatian. Terutama jika pasangan lo selalu mengingat detail-detail penting tentang diri lo, perubahan sikap ini patut diwaspadai!

9. Sering Menuduh dan Sensitif

Tanda-tanda pacar selingkuh secara psikologis adalah sering menuduh. Bukan main-main, pasangan yang selingkuh bahkan akan menuduh pasangannyal ah yang berselingkuh. Sebab, menurut psikologi, ketika seseorang melakukan kesalahan prinsip dan merasa takut ditinggalkan, maka ia akan cenderung menilai seseorang sebagaimana ia menilai dirinya.

Tidak hanya itu, akibat menyimpan sesuatu yang tidak diketahui pasangan, pasangan yang selingkuh akan cenderung sensitif sebagai respons pertahanan dirinya, Kawula Muda.

10. Circle Pertemanan dan Pengeluaran Uang yang Mencurigakan

Secara naluri, seseorang yang menyayangi pasangannya ingin memberikan sesuatu pada orang yang ia cintai. Jika lo sudah mengenal pasangan lo, lo bisa menyadari jika ada pengeluaran yang tidak biasa dari pasangan lo, Kawula Muda.

Tidak hanya itu, memiliki circle pertemanan baru yang tidak dikenalkan, diceritakan, atau mencurigakan juga bisa menjadi salah satu ciri selingkuh yang cukup jelas.

11. Punya Profil Dating Apps

Dating Apps sejatinya memang untuk mencari pasangan melalui sosial media bagi para jomblo yang ingin menemukan jodoh mereka di luar dari lingkaran pertemanannya.

Namun, dilansir dari Mirror, Perusahaan Global Web Index pernah melakukan riset bahwa pemilik profil di Dating Apps hanya 54% yang merupakan lajang, sedangkan sisanya menunjukkan mereka sudah memiliki pasangan atau sudah bercerai.

Kawula Muda, ada baiknya jika lo mencari tahu apakah pasangan lo adalah salah satu dari orang yang sudah memiliki pasangan tetapi masih menggunakan aplikasi kencan untuk menemukan pasangan lain atau sekadar teman mengobrol yang baru.

Jika lo menemukan profil mereka di aplikasi kencan, maka kesetiaan pasangan lo patut dicurigai.

Kawula Muda, itulah ciri-ciri pasangan yang selingkuh. Meski begitu, tanpa ciri atau tanda, perbuatan tidak pantas ini pasti akan ketahuan, loh. Semoga kita terhindar dari perselingkuhan ya, Kawula Muda.

Berita Lainnya