Studi Ungkap Sering Mengupil Bisa Sebabkan Pikun Dini

Wah, ternyata ada dampak buruknya, nih.

Studi ungkap sering mengupil bisa menyebabkan alzheimer atau pikun (UNSPLASH)
Fri, 23 Jun 2023


Kawula Muda, ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa penyakit demensia atau pikun dini bisa terjadi saat dikaitkan dengan kebiasaan mengupil, loh!

Penelitian tersebut terjadi di Scientific Reports pada bulan Februari oleh Griffith University di Queensland, Australia. Menurut petugas medis di kampus tersebut, riset menunjukkan bahwa mengupil bisa meningkatkan risiko terkena Alzheimer dan demensia.

Sementara itu, rekan penulis studi James St. John Ph.D kepala Clem Jones Center for Neurobiology and Stem Cell Research di Griffith University mengatakan bahwa orang menghindari mengupil karena risiko terkena bakteri chlamydia pneumoniae.

Bakteri ini mampu menggunakan saraf yang membentang antara rongga hidung dan otak sebagai jalur untuk menyerang sistem saraf. Sel-sel di otak tersebut kemudian merespons. Reaksi tersebut menyimpan protein beta amiloid yaitu salah satu menjadi penyebab munculnya alzheimer.

Studi ungkap sering mengupil bisa menyebabkan alzheimer atau pikun (UNSPLASH)

 

"Kami yang pertama menunjukkan bahwa Chlamydia pneumoniae dapat langsung naik ke hidung dan ke otak di mana ia dapat memicu patologi yang terlihat seperti penyakit Alzheimer," kata Profesor James St John.

"Mengupil dan mencabut bulu dari hidung bukanlah kebiasaan yang baik. Kami tidak ingin merusak bagian dalam hidung kami dan mencabut sesuatu dari hidung bisa merusaknya," katanya.

"Jika tangan dan jari Anda terkontaminasi virus pernapasan, mengupil adalah cara untuk menularkan diri sendiri secara langsung."

Hilangnya indra penciuman merupakan indikator awal penyakit Alzheimer, juga loh Kawula Muda.

Dia menyarankan, melakukan tes penciuman sejak seseorang berusia 60 tahun bisa bermanfaat sebagai pendeteksi dini. "Begitu Anda berusia di atas 65 tahun, faktor risiko Anda langsung meningkat, tetapi kami juga melihat penyebab lain, karena bukan hanya usia, tetapi juga paparan lingkungan," tandasnya.

Hati-hati yang suka mengupil. Nah, sekarang Prambors mau kasih Quiz buat lo berhadiah Merchandise Prambors! Ini contoh merch-nya, Kawula Muda!

Merchandise Prambors Kuis Ensiklopediyo di Mangkal Pagi Ryo

Untuk dapatkan Merchandise Prambors di atas, yuk, jawab pertanyaan di bawah ini ya:

Apa fungsi dari bulu hidung?

A. Menyaring kotoran yang masuk ke dalam hidung

B. Menyaring obrolan tetangga yang julid

Jawab pertanyaannya dalam link berikut ya QUIZ MANGKAL PAGI RYO.

Pemenang beruntung dengan jawaban benar bakal dihubungi oleh tim Prambors. Good luck, Kawula Muda!

Berita Lainnya