Studi Ungkap Orang yang Jatuh Cinta Kurang Produktif, Benarkah?

Apa iya Kawula Muda?

Studi: Jatuh cinta bikin tidak produktif? (UNSPLASH)
Mon, 05 Jun 2023

Kawula Muda, jatuh cinta memang menyenangkan, bukan? Perasaan yang satu ini memang sulit didefinisikan. Perasaan berdebar, berbunga-bunga, juga bisa membuat lo sedih dalam waktu yang bersamaan.

Sering membuat bingung, studi mengungkap jika jatuh cinta bisa membuat seseorang kurang produktif loh! 

Studi yang dilakukan oleh Henk van Steenbergen bersama rekan-rekannya dari Leiden University dan University of Maryland yang sudah diterbitkan dalam jurnal Motivation and Emotion menuliskan jika jatuh cinta memengaruhi kemampuan seseorang untuk fokus pada tugas yang membutuhkan perhatian.

Jatuh Cinta Bikin Seseorang Tidak Produktif, Benarkah?

Penelitian mengungkapkan jika jatuh cinta membuat seseorang tidak produktif (UNSPLASH)

Henk bersama rekan-rekannya menganalisis 43 orang yang baru saja menjalani hubungan. Orang-orang yang baru menjalin hubungan selama kurang dari enam bulan tersebut rupanya memiliki masalah yang sama, yakni kemampuan untuk berkonsentrasi dan melakukan tugas berkurang, Kawula Muda.

Hal ini dikarenakan pikiran mereka terlalu fokus dengan kekasih mereka dan otak tidak bisa mengalokasikannya dengan baik.

"Bisa jadi sifat obsesif dari cinta yang penuh gairah memaksakan batasan penting untuk melakukan tugas dengan baik yang membutuhkan pengendalian diri,” ujar peneliti melansir Huff Post.

Kesimpulannya, otak menjadi kurang fokus saat harus terus memikirkan cinta, Kawula Muda.

Faktanya, mencintai secukupnya akan lebih bermakna dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari dibandingkan overthinking memikirkan hal-hal yang tidak perlu.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tidak ada yang salah saat merasakan perasaan jatuh cinta yang menyenangkan, terutama di awal hubungan romantis. 

Meski begitu, jangan sampai jatuh cinta membuat lo menjadi tidak produktif dan kehilangan fokus akan hal-hal yang penting ya, Kawula Muda!

Untuk mengatasinya, lo bisa menggunakan cara di bawah ini agar tetap produktif meski sedang jatuh cinta.

1. Membangun batasan

Batasan tidak hanya diperlukan dalam hubungan, namun juga saat berlaku profesional terhadap pekerjaan, Kawula Muda. Saat menjalin hubungan, tetap membuat dunia lo sendiri ya, Kawula Muda. Cukup jadikan pasangan atau orang yang lo sayang sebagai bagian dari dunia lo. Bukan menjadikan dia sebagai dunia lo.

Hal ini penting mengingat akan berpengaruh dengan cara lo mengontrol hubungan-hubungan lainnya. Saat bekerja, fokus dengan tanggung jawab yang sedang lo kerjakan, begitu pula sebaliknya saat bersama pasangan.

2. Tetap Punya Support System 

Meski sedang jatuh cinta, penting untuk tidak menjadikan si dia jadi satu-satunya orang yang memberikan lo motivasi. Tetap jaga hubungan lo dengan orang-orang yang lo sayang. Pasalnya, hal ini juga akan membuat lo mengatur fokus dengan lebih baik, Kawula Muda.

3. Buat Rutinitas Baru

Punya hubungan dan pasangan baru, pastikan lo mengubah rutinitas yang selama ini ada. Jatuh cinta juga memiliki sisi positif, loh. Lo bisa menjadikan waktu untuk bertemu pasangan sebagai motivasi atau kegiatan yang ditunggu.

Pastikan juga memasukkan waktu me time ke dalam rutinitas baru lo.

4. Banyak Tertawa

Melansir VOI, perasaan dramatis saat jatuh cinta bisa menyedot banyak energi, loh. Untuk itu, banyak-banyaklah tertawa dan mencintai apa yang lo punya sekarang. Entah karier atau apa pun yang lo suka.

5. Lakukan Self-Talk Positif

Salah satu cara agar emosi dari perasaan jatuh cinta tidak mengganggu produktivitas lo adalah dengan berbicara dengan diri sendiri. Memberikan afirmasi positif dan tetap disiplin akan membuat lo menghadapi setiap konflik yang mungkin akan terjadi.

Self-talk bisa membuat lo menjadi lebih fokus dan juga tetap yakin dengan tujuan hidup lo.

Berita Lainnya