Survei: Indonesia jadi Negara Paling Percaya Tuhan di Dunia

Lo setuju enggak, Kawula Muda?

Indonesia berada di peringkat satu sebagai negara paling percaya Tuhan (UNSPLASH)
Fri, 28 Jul 2023


Pew Research Center membuat survei kepada 38.426 orang di 34 negara pada tahun 2019 untuk melihat hubungan antara kepercayaan kepada Tuhan dan moral.

Dari seluruh negara, hampir 45 persen dari rata-rata orang mengatakan jika percaya kepada Tuhan perlu untuk bermoral dan memiliki nilai-nilai yang baik. Meski ada yang menjawab sebaliknya dan banyaknya variasi lain.

Indonesia, rupanya berada di urutan pertama sebagai negara yang paling percaya dengan Tuhan dan kepercayaan ini melahirkan moral yang baik. Indonesia sendiri memiliki nilai kepercayaan mencapai 96 persen.

Survei: Indonesia negara paling percaya Tuhan (PEWRESEARCH)

Menurut Pew Research Center yang melakukan survei ini, orang-orang di negara berkembang cenderung lebih religius dan menganggap agama penting di dalam hidup. 

Kepercayaan kepada Tuhan juga diperlukan untuk bermoral bagi kebanyakan orang di negara berkembang.

Rupanya, hal ini berbanding terbalik dengan orang-orang di negara maju. Mereka mengatakan bahwa hubungan dengan Tuhan tidak diperlukan untuk menggambarkan nilai-nilai baik.

Survei: Indonesia negara paling percaya Tuhan (UNSPLASH)

Hal ini menjadi menarik, sebab beberapa orang di negara lain memiliki pendapat yang cukup terpecah.

Sebut saja 53 persen orang di Korea Selatan menyebutkan bahwa kepercayaan kepada Tuhan perlu untuk moralitas sedangkan 46 persen mengatakan tidak perlu.

Secara keseluruhan, responden di negara berkembang dengan nilai PDB yang lebih rendah cenderung mengatakan bahwa kepercayaan kepada Tuhan diperlukan untuk bermoral dan memiliki nilai-nilai yang baik.

Kawula Muda, lo setuju dengan survei ini, tidak?

Berita Lainnya