Siswa Tutup Gerbang untuk Guru yang Terlambat Datang ke Sekolah

Sekolah ada yang begini?

Guru terlambat ke sekolah dan tidak diperkenankan masuk ke sekolah (TIKTOK/bohay91830)
Fri, 28 Jul 2023


Sebuah sekolah di Bali viral karena menghukum sama rata murid dan guru yang terlambat masuk sekolah

Dalam video yang tersebar di sosial media beberapa motor termasuk guru menunggu di luar pintu gerbang sekolah yang sudah ditutup oleh siswa yang tergabung dalam anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS). 

Diketahui setelahnya, anggota PKS mengunci gerbang sekolah bagi yang terlambat datang upacara dan sembahyang atau Trisandya yang menjadi budaya di SMK Negeri 4 Bangli, Bali. 

Kejadian itu viral dari video yang diunggah oleh Apri Yansu, pemilik akun TikTok @bohay91830. Dalam video, diperlihatkan beberapa kendaraan motor dan para guru SMK Negeri 4 Bangli menunggu dengan pasrah hingga dibukakan gerbang sekolah oleh siswanya setelah namanya dicatat sebagai laporan.

“Gapapalah sekali-sekali kita diposisi mereka yang kita berikan hukuman kalo telat,” Ungkap Apri.

Guru terlambat ke sekolah dan tidak diperkenankan masuk ke sekolah (TIKTOK/bohay91830)


Aturan yang diterapkan sama rata antara murid, staf dan guru ini menjadi nilai positif di kalangan SMK Negeri 4 Bangli. Bahkan, Apri menyebutkan aturan ini sebagai pengamalan dari Pancasila untuk membentuk karakter tanggung jawab atas perbuatan dan menerima konsekuensi yang ada.

“Guru dan staf juga manusia, tempat kami salah tapi bukan sengaja... tidak semua yang bagus kami perlihatkan mengenai sekolah kami dan inilah salah satu pengamalan Pancasila untuk membentuk karakter peserta didik yang kami terapkan disekolah, bahwa siapa pun yang terlambat harus menghadapi konsekuensinya. maaf atas keterlambatan kehadiran kami, semoga kedisiplinan ke depannya bisa lebih ditingkatkan, sehingga bisa menjadi contoh dan panutan yang baik sebagai tenaga pendidik,” keterangan pada unggahan tersebut.

@bohay91830 guru dan staf juga manusia,tempat kami salah tapi bukan sengaja..tidak semua yg bagus kami perlihatkan mengenai sekolah kami dan inilah salah satu pengamalan pancasila untuk membentuk karakter peserta didik yang kami terapkan disekolah,bahwa siapapun yang terlambat harus menghadapi konsekuensinya.maaf atas keterlambatan kehadiran kami,semoga kedisiplinan kedepannya bisa lebih ditingkatkan,sehingga bisa menjadi contoh dan panutan yang baik sebagai tenaga pendidik.#smk #guruterlambat #terlambatsekolah #keadilansosialbagiseluruhrakyatindonesia #pks #osis ♬ Tiara Andini Tega - Sadvibes🥀

Kabarnya, pintu gerbang akan dibuka kembali, sekitar 30 menit setelah jam masuk sekolah, yaitu sekitar dari pukul 07.20 hingga 07.50 WITA.

“Guru datang terlambat ditutupi gerbang sekolah oleh siswa selama apel upacara bendera berlangsung,” tulis keterangan di video.

Aturan yang diterapkan dari sekolah tersebut dan diawasi oleh anggota PKS adalah tidak adanya toleransi meski terlambat hanya satu menit dari jam masuk sekolah. 

Selain menutup akses sementara para guru yang terlambat, PKS juga mencatat nama dan membuat laporan.

“Ditanya satu persatu nama terus dicatat untuk bahan laporan,” tulis keterangan dalam video tersebut.

“Tidak ada tolerir walaupun terlambat hanya satu menit,” lanjut keterangan dalam video tersebut.

Guru terlambat ke sekolah dan tidak diperkenankan masuk ke sekolah (TIKTOK/bohay91830)

 

“Besok tidak boleh terlambat lagi… malu sama siswa. Semangat bapak-bapak dan ibu-ibu guru dan juga staf,” pesan yang ditulis dalam videonya.

Wah, Kawula Muda aturan yang diterapkan di SMK Negeri 4 Bangli putut dicontoh untuk sekolah lain, nih. Supaya semuanya bisa adil dan menjalankan peraturan dengan baik.

Berita Lainnya