Terlalu Banyak Minum Ternyata Bisa Merusak Tubuh, Berikut Kebiasaan Sehat yang Bisa Merusak Tubuh

apa aja nih?

Ilustrasi seseorang dengan kebiasaan sehat (UNSPLASH)
Thu, 19 May 2022


Kawula muda, menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat memang penting. Tapi nih, ga semua kebiasaan yang dianggap menyehatkan tubuh itu benar-benar baik. Ada beberapa kebiasaan sehat yang ternyata malah merusak tubuh loh.

1. Olahraga Terus-Menerus

Ilustrasi seseorang melakukan olahraga (UNSPLASH)

 

Olahraga memang membuat badan menjadi bugar dan tetap sehat. Namun, para ahli mengatakan olahraga yang dilakukan secara intens dan terus-terusan tidak akan memberi manfaat. Sebaiknya beri waktu jeda untuk membiarkan tubuh pulih dengan membiarkan tubuh beristirahat akibat kelelahan setelah berolahraga. 

Olahraga terus-menerus juga meningkatkan risiko kenaikan berat badan akibat produksi kortison atau yang dikenal sebagai hormon stres. Enggak cuma itu, risiko cedera juga ikut meningkat.

2. Terlalu Banyak Minum Air

Ilustrasi seseorang sedang minum air (UNSPLASH)


Minum air secukupnya bisa mencegah terjadinya dehidrasi. Tapi terlalu banyak minum air dapat menyebabkan hiponatremia, yaitu gangguan elektrolit ketika kadar natrium dalam darah lebih rendah dari keadaan normal. Minum air secara berlebihan bisa memicu terjadinya keracunan air dan menyebabkan pembengkakan otak akibat perpindahan cairan berbahaya ke sel tubuh lain. 

Dokter anak dan penyakit dalam di UCHealth, Fort Collins, Christina Lang mengatakan, “Minum air secara berlebihan sampai melebihi batas air yang bisa dikeluarkan ginjal dan tanpa penggantian elektrolit seperti sodium dan kalium bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan otak.”

Makan Makanan ‘Sehat’

Ilustrasi seseorang sedang makan (UNSPLASH)

 

Kebiasaan untuk membuat atau membeli makanan sehat memang baik. Namun, terkadang beberapa bahan makanan sebenarnya tidak diperlukan tubuh. Terkadang makanan sehat malah membuat lo merasa tidak kenyang dan kemudian mencari camilan untuk menghilangkan rasa lapar. Seperti makanan gluten free yang dianggap sehat, nyatanya makanan gluten free masih dibuat dengan gula dan mentega hanya saja kalorinya kosong. 

Yale University melakukan studi mengenai pemesanan makanan sehat yang ternyata malah mengeluarkan hormon lapar atau ghrelin. Akibatnya metabolisme dalam tubuh menjadi lambat dan meningkatkan rasa lapar. Kebiasaan ini juga dapat memicu obsesi untuk selalu makan makanan sehat  atau orthorexia. Lebih baik untuk mengontrol porsi makan dan makan secukupnya.

Tidur Terlalu Lama

Ilustrasi seseorang sedang tidur (UNSPLASH)

 

Buat kawula muda yang suka begadang, pasti seringkan melakukan ‘pembalasan’ waktu jam tidur. Begadang di hari sebelumnya dan tidur sepanjang hari di kemudian hari menjadi hal yang sering dilakukan. Memang sih, kurang tidur memberikan risiko terkena masalah kesehatan. Tapi terlalu lama tidur juga sama buruknya. 

Peneliti di Wake Forest University School of Medicine mengatakan tidur lebih dari delapan jam dapat membuat lo mengalami kenaikan berat badan dan memicu diabetes dalam jangka panjang. Tentunya lebih disarankan untuk tidur enam sampai delapan jam di malam hari, nih. 

Penggunaan Hand Sanitizer

Ilustrasi menggunakan hand sanitizer (UNSPLASH)

 

Hand sanitizer merupakan cairan pembersih yang dapat menjaga telapak tangan menjadi bersih dari kuman. Hand sanitizer mengandung berbagai zat kimia, salah satunya adalah alkohol. Namun, penggunaan yang berlebihan bisa membuat tangan lo menjadi kering dan terkadang lupa saat mengonsumsi makanan sehingga zat kimia masuk ke dalam tubuh. 

Nah, kawula muda kebiasaan ‘sehat’ apa yang sering lo lakukan?

Berita Lainnya