Universitas Pembangunan Jaya Gelar Seminar CORE, Komunikasi di Era Digital

Seminar ini jadi wadah edukasi politik bagi mahasiswa UPJ.

Jajaran pimpinan Universitas Pembangunan Jaya pada seminar CORE 2023 (SUMBER ISTIMEWA)
Sat, 27 May 2023

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya kembali menyelenggarakan seminar nasional akademik komunikasi yaitu Communication In The Future (CORE) yang berlangsung pada 24 dan 25 Mei 2023.

Acara CORE 2023 mengusung tema “The Power of Communication Beyond Community in Network Society Era” dan tagline “Communication Beyond Limitations”, di mana CORE ingin membahas mengenai bagaimana pola komunikasi di era digital mengubah segala bidang.

Acara CORE 2023 telah resmi dibuka oleh Bapak Yudi Samyudia, Ph.D beserta jajaran pimpinan lalu dilanjutkan dengan seminar politik. Judul seminar hari pertama berjudul “Political Branding in The Network Society Era: The Power of PR Strategies.” 

Acara tersebut menghadirkan pembicara Bapak Silih Agung Wasesa, S.Psi., M.Si (Founder & Managing Director Asia PR & Author) dan Bapak GianLuigi Christoikov (Chief Executive Officer Komisi.id & Comedian).

Seminar ini bertujuan menjadi wadah edukasi politik bagi mahasiswa. Peserta seminar diperkenalkan dengan berbagai keterlibatan yang berkaitan dengan membangun citra politik yang efektif di tengah perkembangan media sosial dan platform digital.

Pembahasan pertama adalah mengenai political personal branding, yakni Bapak Silih mengatakan bahwa menentukan target audiens adalah hal yang paling utama dalam pembentukan personal branding, dengan menentukan audiens yang tepat maka politisi dapat menentukan pendekatan dengan audiens berdasarkan karakter personal.

Seminar CORE pertama bersama Bapak Silih Agung Wasesa, S.Psi., M.Si (SUMBER ISTIMEWA)

“Kita perlu paham bagaimana storytelling kepada audiens, nanti kita jadi bisa menentukan karakter personal seperti apa yang harus ditunjukkan ketika melakukan pendekatan dengan mereka” terang Bapak Silih Agung Wasesa, S.Psi., M.Si dalam laman press release.

Pembahasan selanjutnya dari sisi pengaplikasian media digital pada perkembangan politik. Bapak GianLuigi mengatakan media adalah perantara, cara agar personal branding sampai kepada audiens.

Seminar CORE kedua bersama Mas Gianluigi Christoikov (SUMBER ISTIMEWA)

Peserta seminar diperkenalkan bagaimana membentuk personal branding secara digital. Media sosial yang dibangun oleh seorang politisi akan menghadirkan relasi. Politisi yang menguasai media sosial maka secara tidak langsung telah mengendalikan pasar.

Bapak GianLuigi pun berharap audiens (mahasiswa) agar dapat aktif berkontribusi dalam politik. “Karena tahun selanjutnya adalah tahun di mana anak gen Z menjadi penerus Indonesia. Pastikan kalian berkontribusi untuk bangsa ini” terang Bapak GianLuigi.

Communication In The Future (CORE) merupakan acara tahunan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya, di mana pada 2023 dikelola oleh mahasiswa kelas Manajemen Acara minor Broadcast Journalism (A) angkatan tahun 2020.

CORE adalah wadah bagi para mahasiswa, akademisi, maupun praktisi dalam ilmu komunikasi berbagi pandangan, serta menyusun strategi untuk memecahkan masalah komunikasi saat ini.

CORE sendiri telah berjalan sejak Mei 2021, yang dihadiri oleh 946 peserta dalam seminar nasional. CORE juga kembali dilaksanakan pada tahun 2022 dengan membawa peserta sebanyak 1341 peserta dalam seminar nasionalnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang CORE, kunjungi website resminya dan juga media sosial yaitu @core.upj di Instagram, Facebook, dan TikTok.

Berita Lainnya