Keren! Pelajar Asal Ciamis jadi Ketua BEM Columbia University

Ciamis pride nih, Kawula Muda!

Pemuda asal Ciamis, Deris Nagara, baru saja menduduki jabatan sebagai Presiden BEM di School of International and Public Affairs (SIPA) Columbia University (INSTAGRAM/DERISNAGARA)
Wed, 01 Feb 2023


Seorang pemuda asal Ciamis, Deris Nagara, baru saja menduduki jabatan sebagai Presiden BEM di School of International and Public Affairs (SIPA) Columbia University, New York, Amerika Serikat.

Pemuda berusia 25 tahun pun menjadi putra bangsa pertama yang menjadi ketua BEM di universitas bergengsi dunia tersebut. Adapun Deris resmi menjabat untuk periode 2023-2024. 

“Iya di SIPA Columbia, betul. Karena belum pernah ada dari Indonesia,” tuturnya pada Senin (30/01/2023) mengutip Detik. 

Dapat Banyak Pengalaman

Walau belum lama menjabat, Deris menyatakan telah mempelajari banyak hal setelah menjadi ketua BEM. “Pemuda Ciamis to the world. Banyak belajar pokoknya!” tutur Deris. 

Lebih lanjut, ia mengaku telah banyak mengenal dan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan lewat kesempatan di BEM tersebut. "Menghadapi dan memberikan solusi serta advokasi, kebijakan, dan pelayanan terhadap berbagai macam tantangan dan permasalahan mahasiswa. Suara mahasiswa.”

Posisinya kini pun tidak didapat secara instan, Kawula Muda! Deris memang telah berpengalaman dalam bidang pemberdayaan pemuda dan pengembangan komunitas selama kurang lebih 10 tahun. Berkenalan dengan orang yang sama-sama ingin belajar juga mendorongnya untuk semakin maju. 

"Banyak orang-orang baik! Banyak belajar dari berbagai latar belakang teman-teman di sini. Sangat bersyukur," lanjutnya.

Profil Deris

Deris Nagara (INSTAGRAM/DERIS NAGARA)

  

Bernama lengkap Muhammad Rizki Nugraha Darma Nagara, sosok yang kerap dipanggil Deris tersebut lahir di Bandung, Jawa Barat, pada 4 Mei 1997. 

Ketika masih di Indonesia, Deris sudah aktif dalam berbagai hal. Sebut saja ia yang menjadi salah satu finalis Putra Pariwisata Nusantara serta menjadi Jajaka Ciamis. Karena hal itulah, Deris aktif mempromosikan sektor pariwisata kebanggaan kotanya tersebut. 

Deris juga merupakan peraih penghargaan Pemuda Inspiratif Indonesia 2021 dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Selain itu, pemuda tersebut juga pernah meraih penghargaan dalam ajang ASEAN-Korea ke 9 dalam kategori Best Delegate Award pada 2020 lalu. 

Walau sempat ditolak oleh Pendidikan Tinggi Negeri (PTN), Deris yang tertarik dengan dunia akademik tetap melanjutkan pendidikan di berbagai universitas. 

Mengutip akun LinkedIn miliknya, beberapa kampus yang pernah ia tempati adalah President University (program Hubungan Internasional) dan Hogeschool van Arnhem en Nijmegen Belanda (program pertukaran pelajar). 

Deris juga sempat ingin mengambil pendidikan S2 komunikasi di London School Public Relation, tetapi tidak dilanjutkan. Kini, ia pun menempuh pendidikan S2 di Columbia University pada jurusan Master of Public Administration. Adapun hal tersebut Deris dapatkan lewat beasiswa LPDP Kemenkeu RI, Kawula Muda! Keren banget ya.

Berita Lainnya