Aturan Dilonggarkan, Tetap Waspada saat Melepas Masker di Ruang Terbuka!

waspadalah waspadalah!

Ilustrasi orang menggunakan masker (UNSPLASH)
Wed, 18 May 2022

Presiden Jokowi baru saja mengizinkan masyarakat untuk melepas masker saat beraktivitas di ruang terbuka, nih. Walaupun tetap mewajibkan penggunaan masker di ruang tertutup dan transportasi publik. 

Meski begitu, ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan diwaspadai selama tidak mengenakan masker! 

Kawula Muda harus tetap waspada saat melepas masker di tempat umum. Apalagi saat sedang berada di kerumunan sehingga penggunaan masker tetap disarankan. Tingkat kerumunan menjadi aspek penting karena seseorang bisa saja terjangkit Covid-19 tetapi terlihat sehat dan tanpa gejala.

Nah, selain itu tak semua orang boleh melepas maskernya. Ada beberapa kelompok masyarakat yang tetap diwajibkan memakai masker baik di dalam maupun di luar ruangan, nih. Masyarakat yang masuk ke kategori rentan tetap diwajibkan untuk menggunakan masker. 

Kategori Masyarakat Rentan Terpapar Covid-19

Masyarakat yang termasuk rentan yaitu, orang lanjut usia atau lansia sebab mengalami penurunan daya tahan tubuh dan lebih rentan terpapar Covid-19. Lalu seseorang yang memiliki penyakit bawaan atau yang biasa disebut comorbid. Apabila mereka terpapar virus Corona, gejala yang didapat bisa lebih parah. 

Seseorang yang mengalami autoimmune dan obesitas juga masuk sebagai kategori rentan. Pengidap autoimmune dan seseorang dengan kondisi berat badan berlebih berisiko mendapat gejala Covid-19 yang lebih berat. 

Saat lo merasa tidak enak badan dan kurang fit juga disarankan untuk menghindari keluar rumah. Perlu diingat untuk tidak terlalu euforia akan pelonggaran penggunaan masker sampai melanggar protokol kesehatan. 

Kawula Muda tetap berhati-hati ya!

Berita Lainnya