8 Fanbase Penggemar Band dan Musisi Terbesar di Indonesia

Legendaris banget!

8 Daftar Fanbase Penggemar Band dan Musisi Indonesia Terbesar Terbanyak (PIXABAY)
Fri, 14 Jul 2023

Para penggemar band atau musisi tidak hanya menjadi support system untuk sang idola. Lebih jauh, mereka juga menunjang eksistensi idolanya di kancah industri musik, Kawula Muda.

Pasalnya, meski sang musisi atau band sudah jarang manggung atau tampil, hal tersebut tidak meredupkan semangat para penggemar untuk tetap mengidolakan dan mendukung mereka, loh.

Tidak hanya solid dan berjumlah besar, deretan fanbase band dan musisi Indonesia di bawah ini juga sangat loyal kepada para idolanya, Kawula Muda.

Mereka juga kompak dan kehadirannya diakui oleh banyak orang.

Siapa saja fanbase band dan musisi terbesar di Indonesia? Simak rangkumannya di bawah ini!

1. Orang Indonesia (OI) - Iwan Fals

Logo penggemar Iwan Fals, OI (Orang Indonesia). Salah satu fanbase terbesar dan legendaris di Indonesia (KBR)

Tidak hanya menjadi musisi legendaris Indonesia, Iwan Fals juga memiliki basis fans legendaris yang dijuluki OI, singkatan dari ‘Orang Indonesia’.

Melansir Asumsi, hingga tahun 2017, jumlah anggota OI yang tersebar di Indonesia mencapai 6 juta orang loh, Kawula Muda.

OI sendiri memiliki makna yang dapat dikatakan cukup simpel, jenaka, namun bermakna.

"OI itu seperti seruan. Memanggil ‘oi’. Nggak kenal juga kita manggil oi kan. Oi itu seruan untuk berbuat baik," terang Iwan Fals tentang komunitas penggemar di sebuah kesempatan.

2. Slankers - Slank

Slankers, sebutan untuk penggemar band Slank. Penggemar terbesar di Indonesia dan selalu membawa bendera Slank di acara musik (TEMPO)

Slankers, sebutan untuk penggemar band Slank menjadi salah satu basis penggemar yang cukup menarik di industri musik Indonesia.

Fans garis keras Slank yang masif ini kerap menunjukkan eksistensinya lewat bendera Slank mereka yang khas dan selalu dibawa dalam acara musik.

Pasalnya, nyaris setiap konser, siapa pun penyanyi dan acaranya, jika konser atau festival musik tersebut dilakukan secara terbuka, para pengunjung akan melihat kehadiran bendera Slankers.

Sejak tahun 1994, Slank dan para Slankers rutin mengadakan event kekerabatan yang bertajuk ‘Jambore Slankers’.

Jika lo lahir di tahun 2000an, lo mungkin familiar dengan ungkapan "Slank tidak punya fans, melainkan ‘umat’ yang disebut Slankers".

3. Forsa - Rhoma Irama dan Soneta

Rhoma Irama memberikan bendera simbolis untuk pengurus baru Forsa (FORSA)

Raja Dangdut Indonesia, Rhoma Irama menetapkan nama ‘Forsa’ bagi para penggemarnya. Singkatan dari ‘Fans of Rhoma Irama dan Soneta Group’ ini awalnya terdiri dari beberapa kelompok penggemar dengan berbagai nama, Kawula Muda.

Menurut penelitian Riset Politik Ekonomi Asia, Rhoma Irama memiliki 25 juta penggemar yang tersebar di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya, Kawula Muda!

Tidak dapat dipungkiri, Rhoma Irama dan Soneta Band memiliki fanbase terbesar di Indonesia.

4. Baladewa - Dewa 19

Baladewa asal Singapura membuat piringan hitam Dewa 19, satu-satunya di dunia (Carousell via GRID)

Meski sudah beberapa kali berganti personil, penggemar band Dewa 19 di Indonesia memiliki jumlah yang tidak main-main, loh.

Tidak hanya itu, Baladewa juga sangat loyal kepada band yang menjadi idola mereka. 

Bahkan Dewa 19 juga selalu menyebutkan Baladewa dan Baladewi pada setiap kesempatan, baik pertunjukan secara langsung atau melalui media sosial.

Tidak hanya datang dari kalangan orang biasa sebagai penikmat musik, Baladewa juga diisi oleh banyak publik figur Indonesia, bahkan dari kalangan musisi.

Eks drummer Dewa 19 pernah menyebutkan lewat YouTube jika penamaan 'Baladewa' diambil dari nama Jalan Baladewa yang terletak di Jakarta Pusat. Diketahui, nama jalan tersebut merupakan saksi di mana Dewa 19 merintis karier di dunia musik.

Lagu-lagu Dewa 19 memang legendaris banget ya, Kawula Muda!

5. Begundal - Burgerkill

Begundal, fans Burgerkill yang loyal (TWITTER/burgerkill)

Band asal Bandung, Burgerkill memiliki para Begundal yang selalu mendukung dan juga hadir untuk mereka, Kawula Muda.

Band yang memiliki followers di Instagram hampir setengah juta ini juga kerap mengisi panggung mancanegara, loh.

‘Keluarga Besar’ Burgerkill ini bahkan terus bertambah dan pernah berkemah dengan band idola mereka, loh!

Bahkan, tidak sedikit para Begundal yang mentato logo atau tulisan yang menggambarkan Burgerkill di badan mereka, Kawula Muda.

Begundal merupakan salah satu fanbase di Indonesia yang sangat loyal dan memiliki antusias yang positif.

6. Sheila Gank (Sheila On 7)

Sheila Gank Yogyakarta merayakan hari jadi mereka (TRIBUN)

Band pop asal Indonesia yang baru saja menggelar konser tunggal merayakan 27 tahun dalam bermusik di awal tahun 2023 ini juga memiliki penggemar yang cukup banyak di Indonesia.

Jumlahnya yang mencapai jutaan, membuat para Sheila Gank selalu kompak meski tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Diketahui, web resmi Sheila On 7 bahkan menyematkan bagian khusus untuk Sheila Gank, loh. Para penggemar bisa mendaftar menjadi Sheila Gank lewat www.sheilaon7.com Kawula Muda!

7. Soulmate (Kahitna)

Soulmate Kahitna dalam sebuah acara (SOULMATE via KOMPASIANA)

Nama Soulmate sendiri merupakan nama yang diambil dari salah satu lagu Kahitna yang sangat populer berjudul sama. 

Sebelumnya, penggemar Kahitna tidak memiliki sebutan ‘resmi’, loh. Pasalnya, banyak sebutan untuk penggemar Kahitna, seperti “Kahitna Mania”, “Teman Kahitna”, dan masih banyak lagi.

Soulmate dapat dikatakan sebagai kelompok penggemar sejati band Indonesia, lewat kekompakan para Soulmate, para penikmat musik pasti menyadari kehadiran mereka, Kawula Muda.

8. Serigala Militia - Seringai

Para penggemar Seringai saat menonton idolanya (INSTAGRAM/seringai_official)

Kawula Muda, siapa yang tidak kenal dengan band metal Seringai? Band metal Seringai sendiri memiliki jumlah penggemar yang tidak kalah banyaknya. Bahkan, mereka sendirilah yang kerap mengeluarkan merchandise dan berbagai gimmick.

Disebut sebagai Serigala Militia, para penggemar Seringai juga memiliki image serupa dengan sang idola, yakni cadas namun tetap jenaka.

Serigala Militia juga hadir dalam film dokumenter Seringai berjudul Generasi Menolak Tua yang dirilis pada 2010 lalu, Kawula Muda.

Kawula Muda, itulah beberapa fanbase musisi dan band Indonesia dengan penggemar yang masif atau besar di Indonesia.

Lo sendiri masuk ke fanbase yang mana, nih?

Berita Lainnya