10 Negara Penyumbang Sampah Terbanyak ke Laut, Indonesia Nomor 5!

Indonesia menduduki posisi 5 negara Asia dengan sampah plastik terbanyak

Ilustrasi Sampah Di Laut (PIXABAY/yogendras31)
Fri, 14 Jul 2023

Kawula Muda, Indonesia menjadi salah satu negara penyumbang sampah plastik terbanyak ke laut. 

Terdapat berjuta-juta ton sampah limbah plastik di seluruh dunia setiap tahunnya. Data dari jurnal Science Advance yang terbit pada April 2021 lalu meneliti setidaknya terdapat hampir 1 juta ton sampah plastik yang terbawa oleh arus hingga ke laut lepas.

Dilansir dari Tempo, tim peneliti mengestimasi, sebagian besar sampah plastik yang mencemari lautan dan berasal dari negara-negara Asia seperti, Filipina, India, Malaysia, Chinadan Indonesia yang menjadi lima negara Asia dengan sampah plastik di laut terbanyak. 

70% sampah plastik mencemari lautan pada setiap tahunnya, yang mana lebih dari sepertiga sampah plastik di laut berasal dari Filipina.

Di Indonesia sendiri, sampah plastik sudah jadi sorotan karena jelas bisa mencemari alam. Tentu hal tersebut berdampak buruk juga untuk kelangsungan hidup manusia dan hewan terutama binatang laut.

Pantai di Lampung Indonesia (INSTAGRAM/pandawaragroup)

 

Sejumlah studi juga menunjukkan, masalah sampah plastik di Indonesia memang sudah dalam kondisi yang sangat gawat. Berdasarkan penelitian pakar lingkungan Jenna Jambeck, Negara Indonesia berasa di peringkat kedua sebagai negara dengan limbah plastik terbanyak yang masuk lautan.

Menurut data dari Jenna Jambeck, Indonesia menjadi negara yang menyumbang sampah sebanyak 1,2 juta metrik ton per tahunnya, lebih banyak dari India.

Selain itu, Buntora Pasaribu selaku Pakar Kelautan dari Universitas Padjajaran juga membenarkan peringkat Indonesia tersebut sesuai studi dari Jenna Jambeck. 

Pantai di Lampung Indonesia (INSTAGRAM/pandawaragroup)

 

Buntora juga menyebutkan bahwa masalah d Indonesia semakin diperparah dengan lokasi geografisnya. Sehingga, sampah dari negara-negara lain ikut terbawa arus laut ke wilayah Indonesia.

Efek dari studi Jenna Jambeck ini memunculkan kebijakan pemerintah untuk mendapatkan pengurangan 70% sampah hingga tahun 2005.

Perwakilan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga memberikan data yang sedikit berbeda bahwa Indonesia berada di peringkat lima sebagai negara penyumbang sampah terbanyak ke laut.

Dilansir dari databoks berdasarkan perolehan data di tahun 2021, berikut 10 negara penghasil sampah plastik terbanyak ke laut.

1. Filipina 356,371 ton

2. India 126,513 ton

3. Malaysia 73,098 ton

4. China 70,707 ton

5. Indonesia 56,333 ton

6. Brasil 37,799 ton

7. Vietnam 28,221 ton

8. Bangladesh 24,640 ton

9. Thailand 22,806 ton

10. Nigeria 28,680 ton

Wah, Kawula Muda, yuk budayakan hidup go green untuk mengurangi pencemaran lingkungan melalui sampai plastik.

Berita Lainnya