9 Fakta dan Perjalanan Karier NIKI sebagai Penyanyi Internasional asal Indonesia

Keren banget Mbak NIKI!

NIKI Zefanya, penyanyi berdarah Indonesia saat tampil di Coachella dan bawakan lagu "Sempurna" (INSTAGRAM/asthonmichael)
Thu, 16 Nov 2023

Penyanyi internasional asal Indonesia, Niki Zefanya atau yang dikenal dengan nama panggung NIKI memiliki sejumlah prestasi yang membanggakan negeri, termasuk juga fakta-fakta NIKI seputar kehidupannya dan fakta dari perjalanan karier NIKI yang bisa dibilang cemerlang di usia muda.

Lahir di Jakarta pada 24 Januari 1999, NIKI memiliki nama lahir Nicole Zefanya ini tumbuh mendengarkan lagu-lagu R&B era 90an, terutama grup yang digawangi penyanyi perempuan seperti Destiny’s Child.

NIKI menyukai musik sejak kecil dan mulai menulis lagu sejak umur belasan tahun. Bahkan, pelantun “I Like U” ini mulai belajar memainkan gitar sejak umur 9 tahun. 

Niki Zefanya (INSTAGRAM/nikizefanya)

 

Kariernya dalam bermusik bisa dikatakan dimulai dari akun YouTube yang ia buat saat masih sekolah. Dalam akun tersebut, ia mengunggah beberapa cover lagu dan lagunya sendiri yang belum rampung di rekaman versi studio, Kawula Muda.

Beberapa lagunya yang ditulis kala masih sekolah, seperti “Take A Chance with Me” yang ditulis di usia 15 tahun, akhirnya rilis dan masuk ke dalam studio album Nicole yang dipublikasi pada tahun 2022.

Berikut adalah 9 fakta dan perjalanan karier NIKI, penyanyi internasional asal Indonesia yang berada di bawah label 88Rising.

1. Pernah tampil di acara musik Dahsyat

Pada tahun 2012, NIKI pernah menjadi bintang tamu dalam acara musik salah satu televisi swasta, Dahsyat dan membawakan lagu berbahasa Indonesia “Suka Kamu”. Kala itu, NIKI tampil bersama kolaboratornya, Gavin MJ.

2. Masuk 88Rising Secara Tak Sengaja

Setelah mengenyam pendidikan di Sekolah Pelita Harapan Lippo Village di Tangerang, NIKI melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat. Setelah pindah untuk sekolah di luar negeri tepatnya di Berklee College of Music, ternyata rapper Rich Brian yang sudah lebih dulu berada di bawah payung 88Rising, melihat video-video YouTube NIKI dan mengajaknya untuk bergabung dalam label yang sama.

3. Masuk Forbes 30 under 30

Dari kariernya yang melejit dan membanggakan Indonesia, NIKI masuk ke dalam daftar Forbes Asia 30 under 30 di tahun 2021 lalu. Ia berada dalam daftar bersama Maudy Ayunda dan Jerome Polin.

30 anak muda berpengaruh ini dipilih oleh Forbes berdasarkan 2.500 nominasi yang telah masuk sebelumnya, hingga terpilihlah pelantun “Backburner” tersebut sebagai salah satu 30 under 30 Forbes Asia 2021. 

4. Selain jadi penyanyi, NIKI pernah punya mimpi jadi jurnalis

Menulis adalah kegiatan yang NIKI sukai. Selain menjadikan tulisannya sebagai lirik lagu yang apik, NIKI ternyata memiliki mimpi jadi jurnalis, Kawula Muda.

"Jadi emang dari awal tuh aku pengin jadi penulis. Aku pernah pengin jadi penulis buku, pengin jadi jurnalis," ungkap NIKI ketika wawancara bersama Najwa Shihab.

5. Karier diakui oleh industri musik internasional

Prestasi NIKI di kancah Internasional sudah tak bisa diragukan lagi. NIKI sudah pernah menjadi salah satu line up dalam acara musik bergengsi Coachella 2022 sebagai penyanyi wanita pertama yang mewakili Indonesia dalam panggung festival besar tersebut. 

Ia juga telah mendapatkan pengakuan dari majalah Rolling Stone. 

Baru-baru ini, NIKI menggelar tur konser dunia dengan tajuk “Nicole World Tour” di Asia, Amerika Serikat, Kanada dan beberapa negara di Eropa

6. Punya hobi merajut

Di samping dari kemahirannya dalam mengolah kata dan tarik suara, NIKI ternyata bisa merajut. Keahlian terpendamnya ini pun pernah ia pamerkan ke dalam akun sosial media resminya. 

Dengan caption foto “She can knit.” NIKI mengunggah fotonya merajut dengan benang berwarna hijau.

7. Sudah jadi penyanyi internasional, NIKI masih gugup naik panggung

Dalam wawancaranya dengan Najwa Shihab, NIKI mengaku bahwa dirinya masih sering gugup untuk naik ke atas panggung menjelang show.

"Aku setiap kali sebelum mau naik panggung deg-degannya itu sampai kadang ngerasa mau muntah, sampai pusing, keliyengan karena aku nervous banget," ujar NIKI dalam YouTube Najwa Shihab tak lama usai ia tampil di Coachella. 

8. Kolaborasi dengan Marvel Cinematic Universe

NIKI melebarkan sayap karier bermusiknya hingga terpilih untuk mengisi soundtrack dari film garapan Marvel Cinematic Universe yaitu Shang-chi and the Legend of the Ten Rings. NIKI mengisi soundtrack dengan lagu “Every Summertime”, Kawula Muda.

9. Biodata dan Profil Singkat NIKI 

Nama: Nicole Zefanya

Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 24 Januari 1999

Nama panggung: NIKI

Zodiak: Aquarius

Genre: R&B, pop, funk

Instrumen: Gitar, piano, keyboard, ukulele

Album: Moonchild (2020), Nicole (2022)

Extended Play: Zephyr, wanna take this downtown?

Kawula Muda, itulah 9 fakta dan perjalanan karier NIKI, penyanyi internasional asal Indonesia yang berada di bawah label 88Rising.Ternyata NIKI sosok yang masih 'lokal' banget ya!

Berita Lainnya