Ahmad Dhani Sebut Bayaran Once Lebih Mahal dan Royalti yang Diterima Tak Sepadan

Semakin memanas nih, Kawula Muda!

Masalah royalti Ahmad Dhani dan Once kian memanas (TVONE)
Wed, 05 Apr 2023

Setelah Ahmad Dhani melarang Once membawakan lagu ciptaannya, perseteruan keduanya kian memanas. Kali ini, Ahmad Dhani menyindir bayaran Once yang mahal. 

Diketahui, Ahmad Dhani mempermasalahkan perihal bayaran Once sebagai mantan vokalis Dewa 19 yang lebih mahal dibanding dirinya, pencipta lagu-lagu Dewa 19.

"Masa harganya lebih dari saya, lagunya lagu saya, terus minta harga lebih mahal ya enggak mungkin," ujar Ahmad Dhani melansir CNN, Rabu (05/04/2023).

Ahmad Dhani larang Once bawakan lagu Dewa 19, kenapa? (FIMELA, DETIK)

Menurut Dhani, kondisi tersebut yang membuat Dewa 19 keberatan untuk kembali tampil bersama Once di atas panggung.

"Terus terang saja, Andra sama saya, bayarannya banyak saya. Kan lagunya lagu saya, lagunya banyakan saya. Nah, ini Once (lebih mahal), kan enggak masuk akal begitu," tuturnya.

Faktanya, ini bukan kali pertama Ahmad Dhani mencap bayaran Once mahal, Kawula Muda. Sebelumnya, Ahmad Dhani mengatakan alasan Once tidak hadir sebagai vokalis Dewa 19 saat konser di Bandung adalah bayaran yang mahal.

"Enggak ada (Once). Alasannya kenapa? Alasannya mahal. Begitu saja," ungkap Ahmad Dhani.

Pihak Once pun menanggapi dengan santai pernyataan Ahmad Dhani tersebut. Menurut Once, hal tersebut disebabkan Dewa 19 sudah memiliki tiga vokalis, yakni Virzha, Ello dan Ari Lasso.

"Artinya ya ini kan pilihan kita, kita mau terus ada dalam show Dewa atau enggak. Apalagi saya bukan lagi member Dewa 19. Saya pikir harusnya itu ada kebebasan, kadang-kadang main, kadang-kadang enggak,” kata Once.

Sebelumnya, permasalahan dimulai ketika Ahmad Dhani menuntut royalti atas lagu-lagu Dewa 19 ciptaan Ahmad Dhani yang dibawakan Once di panggung di luar konser dengan Dewa 19, Kawula Muda. 

Kronologi perseteruan Ahmad Dhani dengan Once Mekel terkait larangan pembawaan lagu Dewa 19 (KUMPARAN)

"Dari 2010, Once nyanyiin lagu saya sama Andra sampai 2022," ujar Ahmad Dhani melansir Kumparan.

"Ketika Once bilang ada sistemnya (pembayaran royalti), ya tapi sistemnya enggak berjalan lancar. Kalau memang ada, coba Once buktiin, laporan nyanyi dari 2010 lagu Dewa sampai sekarang, mana? Berapa yang gue terima duitnya? Nah itu boleh ditanyain ke Once," lanjut Ahmad Dhani.

Pasalnya, pada tahun 2010, Dewa 19 tengah vakum, Kawula Muda. Namun, Once diketahui membawakan lagu Dewa 19 saat tampil di atas panggung.

"Selama 2010, kita enggak pernah main sama Dewa 19 loh, kecuali ada 2012 yang acaraku itu, habis itu baru Ari Lasso ngajak reunian. 6 tahun kita enggak ada job Dewa, tapi Once jalan terus membawakan lagu Dewa. Saya mau tagih, katanya ada royalti, mana buktinya? Show me the money," imbuhnya.

Lebih lanjut, Ahmad Dhani menjelaskan jika Once membawakan lagu Dewa 19, seharusnya pihak event organizer (EO) membayar royalti. Namun, menurutnya royalti yang diterima Ahmad Dhani tidak sepadan, Kawula Muda.

"Coba Once buktiin, laporan nyanyi dari 2010 lagu Dewa sampai sekarang, mana? Berapa yang gue terima duitnya? Nah itu boleh ditanyain ke Once," ujar Ahmad Dhani.

Berita Lainnya