Catat Tanggalnya, Grammy Awards 2023 Bakal Digelar 5 Februari!

Kawula Muda, tahun depan Grammy Awards menambah kategori baru.

Grammy Awards 2022. (TWITTER/RECORDING ACADEMY)
Fri, 15 Jul 2022


Recording Academy baru saja mengumumkan kepastian tanggal penyelenggaraan ajang penghargaan musik terbesar di dunia, Grammy Awards, untuk tahun depan.

Menurut pihak penyelenggara, Grammy Awards 2023 akan digelar di Crypto.com Arena, Los Angeles, pada 5 Februari.

Selain mengungkap tanggal acara yang dijuluki sebagai ‘malam terbesar musik’ itu, pihak Recording Academy juga menjelaskan secara rinci tentang tenggat waktu pemilihan dan jadwal peluncuran daftar nominasi.

Daftar nominasi Grammy Awards 2023 akan diumumkan pada 15 November 2022, dengan putaran pertama pemungutan suara ditetapkan dari 13-23 Oktober 2022. Sedangkan putaran final pada 14 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023.

Grammy Awards ke-65 akan disiarkan secara langsung di jaringan televisi CBS dan bisa melalui streaming live and on-demand di Paramount+.

Grammy Awards pada tahun ini diselenggarakan di MGM Grand Garden Arena di Las Vegas. Tingginya penyebaran virus Covid-19 varian Omicron, membuat Grammy Awards harus mundur menjadi di bulan April sehingga adanya konflik penjadwalan di Los Angeles.

Pada 2021, Grammy Awards harus pindah ke Los Angeles Convention Center dengan menggelar acara penghargaan yang menerapkan aturan jaga jarak dan berlangsung di luar ruangan.

Grammy Awards 2023 akan menandai pertama kalinya acara tersebut tersebut kembali digelar di ‘rumah’ mereka di Los Angeles yaitu di Crypto.com Arena yang sebelumnya dikenal sebagai Staples Center.

Ini menjadi yang ke-20 kalinya Grammy diadakan di Crypto.com Arena sejak tempat itu dibuka pada 1999 lalu.

Selain itu, untuk pertama kalinya juga dalam empat tahun acara penghargaan ini kembali diadakan di bulan Februari. Pada 2020, Grammy dipindahkan ke Januari karena terlalu dekat dengan penyelenggaraan Oscar.

Pada 2021 mundur ke bulan Maret, tapi ditunda kembali hingga April 2021 karena adanya pandemi Covid-19.

Pada Juni lalu, Recording Academy juga telah mengumumkan beberapa penghargaan baru dan perubahan aturan untuk penyelenggaraan Grammy Awards 2023.

Di antaranya adalah penambahan kategori Songwriter of the Year (Non-Classical), Best Score Soundtrack for Video Games and Other Interactive Media, dan penghargaan khusus untuk lagu terbaik yang membawa perubahan sosial.

Sementara itu, proses pemungutan suara Grammy juga diperbarui untuk menyertakan aturan yang meningkatkan konten baru minimun untuk kelayakan album dari 50 persen menjadi 75 persen.

Rincian mengenai acara Grammy Week tahun depan akan diumumkan dalam beberapa bulan mendatang.

Berita Lainnya