Demi Palestina, Reality Club Mundur dari Festival Bergengsi SXSW

Respect!

Demi Palestina, Reality Club mundur dari festival bergengsi SXSW (Instagram/realityclub)
Fri, 15 Mar 2024

Reality Club baru-baru ini mengumumkan kabar mengejutkan terkait keikutsertaannya di festival musik tahunan South by Southwest (SXSW) yang digelar di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Band asal Jakarta ini memutuskan untuk mundur dari SXSW lantaran acara tersebut diduga terlibat dalam genosida di Palestina.

Keputusan mundurnya Reality Club dari SXSW disampaikan melalui akun Instagram @realityclub, Kamis (14/3/2024).

"Sehubungan dengan informasi baru bagi kami mengenai Angkatan Darat AS yang menjadi sponsor utama SXSW dan partisipasi kontraktor pertahanan yang memproduksi dan memasok senjata yang digunakan untuk melawan warga Palestina, kami telah memutuskan untuk menarik diri dari SXSW," berikut keterangan dalam unggahan tersebut.

Festival SXSW adalah salah satu festival bergengsi di dunia, Kawula Muda. Reality Club jadi musisi yang beruntung karena sudah dua kali direncanakan akan tampil di festival tersebut, meskipun akhirnya gagal tampil kedua kalinya.

"Tampil di SXSW selalu menjadi impian kami sejak lama. Kenangan terbaik kami sebagai band adalah ketika diundang (ke SXSW) pada 2020, sebelum dibatalkan karena pembatasan Covid. Ketika kami diundang lagi pada 2024, kami menjadwalkan tur Amerika Utara sesuai festival tersebut," lanjut keterangan tersebut.

Kendati gagal tampil di SXSW, band yang digawangi Fathia Izzati, Nugi Wicaksono, Era Fatigo Rizky, dan Faiz Novacostia ini dengan tegas memilih mundur dari SXSW lantaran tidak ingin diasosiasikan dengan organisasi yang terlibat genodisa di Palestina.

"Namun, nurani kami tidak mengizinkan kami tampil di SXSW di Austin pada 14 dan 15 Maret 2024. Kami menolak diasosiasikan dengan organisasi-organisasi yang terlibat genosida di Palestina," tegasnya.

Sebelumnya, Reality Club menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia di festival SXSW 2024 yang digelar di Austin, Texas, pada 8-16 Maret 2024.

Mereka dijadwalkan tampil di acara bertajuk FRIENDS:FOREVER yang merupakan acara Asia terbesar sepanjang sejarah SXSW.

Adapun beberapa musisi Indonesia yang sudah pernah tampil di SXSW adalah Efek Rumah Kaca, White Shoes & The Couples Company, The SIGIT, Yacko, Shaggydog, dan Tuan Tigabelas.

Berita Lainnya