Fakta-fakta dan Profil Lengkap GAC, Grup yang Sempat Vakum tapi Tetap Kompak!

Siapa bias lo di GAC, Kawula Muda?

Karier GAC yang comeback dengan wajah baru setelah vakum hampir 4 tahun (SUMBER ISTIMEWA)
Tue, 30 May 2023

GAC, grup trio yang dibentuk pada 2009 yang beranggotakan tiga vokalis dengan suara kuat berkarakter, Gamaliel, Audrey, dan Cantika ini masih eksis di industri musik tanah air meski sempat membuat penggemarnya heboh pada tahun ke-10 karier mereka dan memutuskan vakum di 2019 lalu.

Meski begitu, GAC memutuskan untuk comeback pada tahun 2023 ini dengan single “Baru” sekaligus mengubah branding mereka menjadi lebih segar.

Bukan waktu yang sebentar bagi GAC untuk bertahan di dunia hiburan. Pada masa vakum pun, mereka memiliki proyek masing-masing yang enggak kalah populer dengan karya mereka sebagai grup.

Kawula Muda, yuk, intip perjalanan karier, profil, hingga fakta-fakta GAC yang sayang untuk dilewatkan di bawah ini!

Lika-Liku GAC hingga Menyabet Banyak Penghargaan

Profil, fakta, dan karier GAC yang comeback tahun ini setelah vakum (SUMBER ISTIMEWA)

Pada awalnya, kakak beradik Gamaliel dan Audrey Tapiheru kerap mengunggah video mereka bernyanyi pada tahun 2009.

Merasa tertarik dengan gaya dan selera musik GAC, Cantika Abigail yang menonton video keduanya memutuskan untuk mengadakan pertemuan.

Pertemuan tersebut berakhir pada pembentukan GAC pada tahun 2009. Single pertama mereka, “Ingin Putus Saja” langsung populer di radio-radio Indonesia pada tahun 2011.

Hingga kini, GAC sudah memiliki tiga studio album dengan judul Gamaliel Audrey Cantika (2012), Stronger (2015) dan Resonance (2018). Lagu-lagu populernya seperti "Bahagia", "Cinta" dan "Satu" jadi andalan mereka dan sering menjadi lagu yang diputar dalam banyak acara karena beat dari musik mereka yang penuh dengan semangat.

Musik yang semangat ini juga cocok untuk mengiringi film-film nasional sebagai soundtrack-nya seperti "Galih dan Ratna" untuk film dengan judul yang sama dan "Berlari Tanpa Kaki" sebagai soundtrack dari Cek Toko Sebelah.

Penghargaan GAC

Sebelum menyatakan akan vakum untuk sementara waktu, GAC setidaknya sudah menyabet enam penghargaan di dunia musik.

Melansir Liputan 6, pada Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2017, GAC berhasil memboyong tiga penghargaan. yaitu kategori Karya Produksi Original Soundtrack, Karya Produksi Grup Vokal, dan Kolaborasi Pop Terbaik.

Pada tahun yang sama, GAC berhasil menang dalam Indonesian Choice Awards 2017 untuk kategori Band/Duo/Group of The Year.

Pada AMI Award tahun berikutnya, GAC mendapatkan dua penghargaan. Dua piala tersebut adalah kategori Karya Produksi Grup Vokal dan Duo/Grup/Grup Vokal/Kolaborasi R&B Terbaik.

Fakta Unik Member GAC

GAC, trio yang vakum saat 10 tahun berkarya dan comeback di tahun ini (SUMBER ISTIMEWA)

GAC yang mengaku menyukai R&B ini melihat perkembangan RnB tidak terlalu berkembang. Untuk itu, mereka yang terinspirasi dari konsep trio Lingua dan Tofu ini ingin memberikan warna baru di belantika musik Indonesia.

Hal ini juga terlihat dari karya-karya GAC yang selalu membuat gebrakan baru. Tidak hanya bisa diterima secara baik oleh para pendengar, grup musik ini umumnya bergenre Hip-hop, Rap, R&B kontemporer, dan kontemporer urban.

Grup yang memutuskan untuk comeback karena kangen dan merasa sudah waktu yang tepat ini kembali memulai perjalanan mereka dengan karakter yang baru setelah sempat berkarier sebagai solois.

Saat vakum, diketahui para personil GAC mengeksplorasi karier musik mereka dengan membuat proyek solo dan lainnya.

Bahkan, Cantika Abigail diketahui sempat bolak-balik ke Bali dan memutuskan untuk menjadi Vegan, Kawula Muda!

Sedangkan untuk Gamaliel, saat GAC memutuskan untuk vakum mengaku sudah menemukan warna musiknya sendiri, Kawula Muda. Hal tersebut yang akhirnya ingin ia bawa jika GAC comeback. Menepati janjinya, pendengarnya mungkin sadar jika para personil GAC lebih berkarakter.

Audrey sendiri yang sangat dekat dengan kakaknya tersebut mengatakan jika kesuksesan menurutnya adalah hati yang damai dan bahagia. Wanita yang sangat menyukai gajah ini juga merilis beberapa karya saat GAC vakum. Salah satunya "Satu Mimpiku" yang rilis di tahun lalu.

Profil GAC


Anggota

- Gamaliel Krisatya Tapiheru (Gamaliel)

Tanggal Lahir: 9 Oktober 1990

- Georgita Audrey Helena Tapiheru (Audrey)

Tanggal Lahir: 26 Juli 1993

- Cantika Abigail Santoso (Cantika)

Tanggal Lahir: 12 Juli 1993

Album

Gamaliel Audrey Cantika (2012)

STRONGER (2015)

RESONANCE (2018)

Single dan EP

“Bahagia” (2014)

“Perfect” ft. Kurt Hugo Schneider (2015)

“Cinta (Acoustic)” (2016)

Original Soundtrack Film Cek Toko Sebelah (2016)

Original Soundtrack Film Galih & Ratna (2017)

“Suara” (2017)

“Satu” (2018)

“Sailor” (2018)

“Love Will Stay” (2018)

“Love Will Stay (Alternate Version)” (2018)

“Cita Kita” (2018)

“Baru” (2023)

GAC jadi Line Up di Skulprize 2023: Pensi Gratis dari Prambors buat SMA Sederajat 

Full lineup Mangkal On Skul: Skulprize 2023. Pensi gratis dari Prambors, bagaimana cara ikutan? (PRAMBORS)

Kawula Muda, siapa yang ingat jika sebelum vakum, GAC kerap tampil di pensi-pensi SMA seluruh Indonesia? Setelah pandemi dan comeback, GAC akan tampil lagi di pensi sekolah, loh. Salah satunya lewat Skulprize 2023, pensi yang akan dibuatin Prambors untuk sekolah lo secara gratis!

Minggu kedua Mangkal On Skul: Skulprize 2023 sudah berjalan nih. Sejak Senin, (29/05/2023) 20 SMA sederajat se-Indonesia sudah bertanding agar sekolahnya dibuatkan pensi gratis oleh Prambors!

Tidak hanya GAC, Skulprize 2023 juga ikut menggaet Lomba Sihir, UN1TY, Dere, dan Chainia Lovera. Untuk sekolah yang sudah masuk daftar di bawah ini, pastikan lo jadi pemenang untuk Mangkal On Skul: Skulprize 2023, ya!

Daftar sekolah yang bertanding di minggu kedua Skulprize 2023 (PRAMBORS)

Cara untuk jadi pemenang Mangkal On Skul: Skulprize 2023 juga mudah banget kok, Kawula Muda.

1. Download Prambors Radio Apps di App Store atau Play Store 

2. Dengarkan siaran On Air Prambors, soalnya soal kuis akan dibacakan oleh penyiar setiap harinya mulai 22 Mei 2023.

3. Jawab pertanyaan di Live Chat Prambors Radio Apps dengan format NAMA_JAWABAN_#PRAMBORSSKULPRIZE_#SKULPRIZENAMASEKOLAHKOTA (Contoh: #SKULPRIZESMAPRAMBORSJKT)

Pastikan lo ajak satu sekolah, bahkan alumni lo untuk ikutan kuisnya, ya! Soalnya, semakin banyak yang ikutan, semakin banyak poin yang akan didapat oleh sekolah lo. 

Hal tersebut berarti memperbesar kesempatan lo untuk dibuatkan pensi gratis sama Prambors!

Kawula Muda, semangat menjalani pertandingan Week 2! Semoga sekolah lo menang dan bisa dibuatkan pensi gratis yang dihadiri GAC, Lomba Sihir, UN1TY, Dere, dan Chainia Lovera, ya!

See you di Mangkal On Skul: Skulprize 2023~

Berita Lainnya