Legenda Musik dan Hari Spesial Bentuk Penghargaan dari Fans Setia

Kawula Muda, sejumlah musisi dunia ternyata mempunyai hari spesial yang dirayakan di setiap tanggal tertentu.

Sejumlah legenda musik punya hari spesial sendiri. (TWITTER)
Tue, 11 Oct 2022


Sejumlah legenda musik dunia ternyata mempunyai hari spesial yang dirayakan secara khusus oleh para penggemar mereka. Hari spesial tersebut ditujukan sebagai bentuk penghargaan para penggemar terhadap karya dan pengaruh para musisi tersebut di industri musik.

Terlepas dari skandal ataupun permasalahan yang pernah dihadapi oleh para musisi ini, para penggemar tetap melihat karya mereka dengan positif.

Siapa saja legenda musik dunia yang memiliki hari spesial? Simak selengkapnya di bawah ini!


Kurt Cobain

Pentolan grup band Nirvana, Kurt Cobain disebut sebagai salah satu musisi paling berpengaruh di dunia. Meskipun telah tiada, karya Kurt Cobain tetap abadi di industri musik dunia. Kampung halaman Kurt Cobain di Aberdeen, Washington, AS pun memberikan sebuah penghargaan untuk sosoknya dengan membuat hari perayaan spesial tepat di tanggal kelahirannya.

Bill Simpson, Walikota Aberdeen di Washington sempat mengumumkan bahwa 20 Februari dinyatakan sebagai “Hari Kurt Cobain”. Walikota dan warga Aberdeen telah memiliki ikatan yang begitu erat dengan karya Kurt Cobain. Bahkan, salah satu karya musisi asal Seattle ini terpampang di sebuah papan ucapan selamat datang bertuliskan,”Come As You Are”, yang diambil dari salah satu lagu Nirvana. Kota itu pun membuat patung Kurt Cobain tengah menangis sambil duduk bermain gitar.

The Beatles

Sejak The Beatles pergi ke Amerika dan manggung di New York hingga Miami Beach, para fans The Beatles membuat pernyataan bahwa apabila grup tersebut pulang ke Inggris, maka hari itu akan jadi The Beatles Day. Akhirnya, The Beatles pulang ke Inggris pada 10 Juli 1965. Sejak hari itu, setiap 10 Juli disebut sebagai hari The Beatles sedunia.

Elvis Presley

Hari ulang tahun Elvis Presley yang jatuh pada 8 Januari selalu diperingati sebagai “Hari Elvis Presley Sedunia” oleh para penggemarnya. Setiap tanggal 10 Juli, sebuah mansion milik Elvis yang bernama Graceland di Memphis selalu dikunjungi wisatawan untuk melihat lebih dekat tentang kehidupan sang idola.

Prince

Setelah merampungkan album dan filmnya yang menjadi hits berjudul Purple Rain, Prince akhirnya mengunjungi kampung halamannya di Minneapolis untuk menggelar konser pada 7 Juli 2007 selama tiga hari. Sejak saat itu, 7 Juli diperingati sebagai Prince Day oleh para penggemarnya.

Bob Marley

Walikota Toronto di Kanada, Rob Ford, memberikan apresiasi pada musisi Bob Marley yang dianggapnya telah memberikan pengaruh besar pada musisi generasi muda. Selain itu, Bob Marley juga disebut sebagai seorang dermawan dan tokoh yang mengirimkan pesan damai kepada dunia melalui karyanya. Tanggal 6 Februari yang bertepatan dengan hari kelahirannya kemudian diperingati sebagai Hari Bob Marley.

Jimi Hendrix

Kepiawaian Jimi Hendrix dalam memainkan gitarnya telah ‘menyihir’ masyarakat dunia untuk menjadi penggemarnya. Berbagai penghargaan sukses diraih oleh pemilik nama lengkap Marshall Hendrix ini. Sehingga tak heran jika ia disebut sebagai salah satu legenda musik dunia.

Musisi yang identik dengan rambut kribo ini juga memiliki tanggal khusus yang diperingati sebagai Hari Jimi Hendrix. Setiap 13 September, para penggemar gitaris kidal di San Fransisco merayakannya sebagai “Hari Jimi Hendrix Sedunia”.

Freddie Mercury

Berbeda dengan perayaan hari spesial musisi lainnya, hari khusus Freddy Mercury justru digunakan sebagai hari untuk penggalangan dana. 5 September adalah hari Freddie Mercury yang juga digunakan sebagai event tahunan peduli AIDS. Setiap tahun, event ini terus dilakukan sekaligus sebagai acara untuk mengumpulkan dana guna disumbangkan bagi yang membutuhkan.

Paul McCartney

Mantan pentolan grup The Beatles, Paul McCartney juga mendapatkan penghargaan yang sama dari pra penggemarnya. Tapi lucunya, hari spesial ini justru dirayakan di Amerika Serikat, padahal Paul berasal dari Inggris. “Paul McCartney Day” dirayakan warga Minnesota, Amerika Serikat setiap 2 Agustus. Tanggal tersebut dipilih untuk mengenang pertama kali penampilan The Beatles di kota tersebut pada 1965 lalu.

Lady Gaga

Tak hanya negara besar seperti Amerika Serikat saja yang mempunyai hari spesial untuk musisi dunia favorit mereka. Taiwan menjadi salah satu negara Asia yang memberikan hari spesial untuk penyanyi kontroversial Lady Gaga. Pada 3 Juli sejak 2011 lalu dirayakan sebagai “Lady Gaga Day” di daerah Taichung, Taiwan.

Berita Lainnya