Mengenal Bilal Indrajaya, Solois dengan Lagu yang Melankolis

Kawula Muda ada yang suka juga sama lagu-lagu Bilal?

Bilal Indrajaya (Instagram/bilalindrajaya)
Tue, 27 Sep 2022


Nama Bilal Indrajaya mungkin saat ini sudah tidak asing lagi, nama solois yang satu ini bahkan bisa dikenali orang-orang yang bahkan selera musiknya tidak selaras dengan musik yang dibuat Bilal.

Mengawali karier dengan menjadi seorang gitaris. Bilal tergabung bersama band bernama Rhym. Bersama Rhym, Bilal memproduksi mini album bertajuk Strangers dan beberapa single.

Bilal akhirnya mencoba bersolo karier, dengan merilis single debutnya yang bertajuk "Biar", Bilal mencoba mencurahkan isi hatinya, tentang sebuah perpisahan yang sebenarnya tidak diinginkan.

Selanjutnya, ia mengeluarkan single lain berjudul "Ruang Kecil" yang masih berkonsep sama dengan karya sebelumnya yakni tentang kerinduan. Seakan menjadi bagian dari identitas musiknya, lagu keduanya ini masih kental dengan nuansa British Rock tahun 60-an dan grup musik Indonesia awal 2000-an.

Selain itu Bilal pun beberapa kali berkolaborasi dengan musisi lainnya seperti Mocca dalam lagu "Object of My Affection" serta dengan Vira Talisa dalam lagu "He’s Got Me Singing Again", sebelum akhirnya merilis mini album perdananya yang muncul tahun 2019 lalu. Purnama merupakan sebuah karya berupa mini album yang menceritakan kisah Bilal. Lagu-lagunya merupakan berbagai kisah yang dikompilasi menjadi satu.

Bilal Indrajaya (Instagram/bilalindrajaya)

Terakhir Bilal baru saja merilis sebuah lagu berjudul ‘Saujana’, yang bernuansa pop kreatif 80-an yang groovy. Bagi Bilal musik era 80-an merupakan sesuatu yang baru dihidupnya, meskipun ia kerap kali menikmati musik di era-era sebelum 80-an.

“Gue dengerin banget musik era 50an, 60an, 70an, 90an serta 2010an. Tapi tanpa sadar gue skip satu era yaitu 80an. Gue ga pernah sentuh sama sekali. Dan baru kesentuh saat gue menggarap 'Niscaya'. Makanya pada single ini nuansa 80-annya masih kerasa banget," ujar Bilal.

Warna musik Bilal tidak jauh dari pengaruh dari The Beatles, sebuah band legendaris yang sejak kecil sudah ia dengarkan. Bilal begitu menggilai The Beatles, terkhusus Paul McCartney.

Sosok Paul McCartney lah yang akhirnya menginspirasi Bilal untuk mempelajari instrumen gitar.

Bilal menjadi salah satu musisi yang siap tampil di Synchronize Fest 2022 Oktober mendatang. Selain Bilal terdapat musisi-musisi lain, seperti Isyana Sarasvati, Mocca, The Panturas dan masih banyak yang lainnya yang siap meramaikan panggung Synchronize fest.

Berita Lainnya