Rilis Single "Mantra Surugana", Sara Fajira Menginspirasi Sandiaga Uno

Lagunya keren banget, Kawula Muda!

Sara Fajira rilis single "Mantra Surugana", angkat budaya dan sentuhan magis etnis Sunda (SUMBER ISTIMEWA)
Mon, 29 May 2023

Selalu memukau, Sara Fajira kembali rilis lagu dengan latar belakang dan sentuhan yang unik, nih Kawula Muda! Bahkan, lagu ini menginspirasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Lagu berjudul "Mantra Surugana” ini, akan menjadi soundtrack resmi film Mantra Surugana yang menyuguhkan sentuhan magis musik etnis sunda.

“Lagu ini ceritanya tentang mantra Jawa Barat atau sunda kuno yang telah meneror dan membuat banyak hal buruk datang ke kehidupan seseorang,” ungkap Sara. 

“Contohnya seperti mimpi buruk, kutukan, tragedi dan bahkan terjerumus ke dalam kesengsaraan jiwa yang disebabkan oleh mantra ini."


Bukan hal baru jika melihat Sara yang kerap bereksplorasi dengan nuansa kultur dan budaya pada karya-karyanya. Namun, lagu "Mantra Surugana” diketahui berhasil menyuguhkan sebuah konsep yang tidak dapat ditebak.

Lagu yang merupakan gabungan antara electronic music dance dan musik etnis Sunda ini akan memberikan kemasan musik yang berbeda sekaligus menghidupkan film horror Mantra Surugana.

"Saya merasa senang dan bangga dapat bekerja sama dalam pembuatan soundtrack Mantra Surugana. Saya sangat tertantang dalam menggarap lagu ini, karena filmnya sendiri menawarkan kengerian yang berkisah bangkitnya sosok iblis lewat mantra dan kutukan. Mantra Surugana merupakan soundtrack yang mengambil kisah berdasarkan film horornya sendiri,” ujar Sara Fajira.

Erna, produser dari film sekaligus video musik "Mantra Surugana” mengatakan jika Sara sukses membawakan lagu ini dengan ‘kengerian’. Pasalnya, suara Sarah yang renyah dan mudah diingat, memiliki aura kengerian yang berbeda lewat lagu "Mantra Surugana”, Kawula Muda.

Lagu berbahasa Inggris dan Sunda dengan musik yang etnik ini juga dilengkapi dengan mantra-mantra yang akan menyihir para penggemar.

Lagu "Mantra Surugana” akan melengkapi film Mantra Surugana yang menceritakan bangkitnya sosok iblis lewat mantra dan kutukan. 

Film yang diperankan oleh Sitha Marino ini akan menggambarkan hubungan mengerikan antara mantra dan kutukan dari iblis dan manusia.

Single "Mantra Surugana” Menginspirasi Sandiaga Uno

Sara Fajira pukau Sandiaga Uno lewat single "Mantra Surugana" (SUMBER ISTIMEWA)

Tidak hanya mengisi official soundtrack film layar lebar, Sara Fajira juga sukses memukau Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, yang merasa terinpirasi lewat lagu "Mantra Surugana”.

Lewat unggahan di akun media sosial Sandiaga, ia mengungkapkan kebanggaannya akan karya Sara Fajira yang sarat akan adanya unsur budaya Indonesia di dalamnya. Bahkan, Sandiaga Uno menawarkan Sara untuk bekerjasama dalam penggarapan albumnya bersama Kemenparekraf, Kawula Muda!

“Saya sangat kagum dan semoga ini memotivasi para pelaku kreatif lainnya untuk terus berinovasi dan berkolaborasi,” ujar Sandiaga.

Keren banget, Sara Fajira! Semoga Kawula Muda lainnya menjadi terinspirasi, ya!

Berita Lainnya