Spotify akan Berlakukan Lirik Lagu hanya Bisa Dilihat Akun Premium?

Susah karaoke gratis lagi dong?

Spotify (TWITTER/Spotify)
Wed, 06 Sep 2023

Spotify dikabarkan tengah merencanakan ketersediaan lirik lagu di dalam aplikasinya akan segera dibatasi dan menjadi berbayar untuk para pengguna gratis.

Dilansir dari The Verge, rencana tersebut diketahui bermula dari laporan sejumlah kasus pengguna Spotify gratis yang menyadari selama beberapa hari terakhir ini, lirik lagu di dalam aplikasi tidak muncul. 

Sebagai gantinya, para pengguna ini hanya melihat gelembung notifikasi paywall yang bertuliskan "Nikmati lirik dalam Spotify Premium" disertai link untuk mendaftar Spotify Premium.

Hal tersebut membuat pengguna Spotify gratis semakin tidak antusias dan mengeluhkan fitur aplikasi tersebut yang lebih banyak memihak pada pengguna berbayar atau Spotify Premium.

Pihak Spotify pun merespons usai banyaknya keluhan tidak muncul lirik lagu di aplikasi pemutar lagu tersebut. Melalui The Verge, Spotify mengaku hal ini terjadi sebagai bagian dari tes uji coba saja. 

"Di Spotify, kami secara rutin melakukan sejumlah pengujian, beberapa dari pengujian tersebut akhirnya membuka jalan bagi pengalaman pengguna kami yang lebih luas dan pengujian lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran penting,” ucap CJ Stanley, co-head komunikasi global Spotify.

Spotify juga membuat klarifikasi bahwa tidak akan ada perubahan fitur dari pengguna yang berbayar maupun gratis dalam waktu dekat.

“Kami tidak memiliki berita lebih lanjut untuk dibagikan saat ini. Sesuai dengan praktik standar kami, saat ini kami mengujinya dengan sejumlah pengguna terbatas di beberapa pasar,” lanjut CJ Stanley, co-head komunikasi global Spotify.

Meskipun begitu, Spotify bisa saja akan menerapkan kebijakan pemunculan lirik hanya untuk pengguna yang berlangganan.

Berita Lainnya