1921 Calon ASN Mengundurkan Diri, Gaji Tidak Sesuai Ekspektasi

Tercatat lebih dari 1.000 CASN 2022 mengundurkan diri! simak alasannya!

Seleksi Calon Aparatus Sipil Negara (DETIK/grandyos zafna)
Mon, 07 Aug 2023


Tercatat oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), sebanyak 1.921 peserta seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) telah mengundurkan diri pada tahun 2022, dengan alasan yang tidak sesuai ekspektasi peserta.

Haryomo Dwi Putranto selaku Pelaksana Tugas Kepala BKN mengatakan terkait kepesertaan CASN 2022 lalu, telah terhitung dalam data sebanyak 1.921 peserta seleksi telah mengundurkan diri dengan berbagai alasan termasuk ekspektasi dari jabatan hingga gaji yang tak sesuai. 

Setidaknya terdapat tiga alasan utama peserta seleksi CASN PPPK 2022 mengundurkan diri sebagai berikut.

1. Jabatan pekerjaan yang dilamar tidak sesuai dengan pekerjaan yang diinginkan

2. Penghasilan yang didapat tidak sesuai ekspektasi

3. Lokasi penempatan yang tidak sesuai.

“Selain alasan karena ketidaksesuaian pekerjaan dan penghasilan dengan ekspektasi pelamar, lokasi penempatan juga menjadi alasan pengunduran diri,” ungkap Haryomo Dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2023 pada Kamis, (03/08/2023).

Haryomo Dwi Putranto Dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2023 pada Kamis, (03/08/2023) (BKN)

 

Dilansir dari Radar Sulbar, diketahui pendaftaran seleksi calon ASN PPPK dan CPNS tahun 2023 direncanakan akan dibuka sekitar bulan September 2023 mendatang.

Dilansir dari Detik Finance, berdasarkan kasus tersebut, Haryomo mengungkapkan, menjelang pembukaan pendaftaran seleksi CASN 2023 pada September 2023, para pelamar diimbau untuk mempertimbangkan dengan baik sebelum mendaftarkan dirinya baik dari jabatan, lokasi, sampai dengan penghasilan. 

Seluruh instansi pemerintah juga diimbau untuk lebih memperhatikan lebih detail tahapan seleksi administrasi, agar tidak adanya pelamar yang dirugikan.

“Ada sejumlah alasan pengunduran diri peserta seleksi, salah satunya menyangkut ketidaksesuaian pekerjaan dan penghasilan dengan ekspektasi pelamar. Untuk itu BKN akan menyediakan keterangan rincian informasi setiap jabatan pada formasi yang dilamar,” ucap Haryomo.

Selain itu, Haryomo juga akan menyiapkan fitur tambahan dalam situs SSCASN yaitu, penambahan detail informasi terkait formasi jabatan yang dibuka pada seleksi CASN 2023. Menu informasi jabatan yang bisa dilamar akan memuat keterangan terperinci mulai dari penjelasan tugas, kelas jabatan, penghasilan yang diterima, hingga jenjang jabatan.

Penambahan fitur informasi jabatan bagi pelamar ini berguna dalam mengantisipasi peserta yang akan mengundurkan diri dengan alasan jabatan yang dilamar tidak sesuai dengan pekerjaan atau penghasilan yang diterima nantinya tidak sesuai dengan ekspektasi pelamar.

Bagi Kawula Muda yang ingin mendaftar dalam seleksi CASN 2023 pada September 2023 nanti, memang harus mempertimbangkan dengan baik dengan mencari informasi yang ada pada fitur terbaru SSCASN. Mantapkan diri agar tidak mundur di tengah jalan hanya karena tidak sesuai dengan ekspektasi, ya!

Berita Lainnya