Abel Tesfaye The Weeknd Donasi Paket Makanan untuk Warga di Gaza Palestina

Keren Mas Abel!

The Weeknd resmi ganti nama jadi 'Abel Tesfaye' (GETTY IMAGES)
Sat, 02 Dec 2023

Abel Tesfaye atau penyanyi The Weeknd telah berdonasi besar kepada rakyat di Gaza, Palestina melalui Program Pangan, World Food Programme (WFP) dari PBB pada awal Desember 2023 ini.

The Weeknd telah menyalurkan 2,5 juta Dolar AS (setara sekitar Rp 38,5 miliar) dari XO Humanitarian Fund miliknya untuk membantu respons kemanusiaan WFP di Gaza.

Organisasi tersebut mengatakan bahwa donasi tersebut yang setara dengan empat juta makanan darurat akan mendanai pengiriman 820 metrik ton (sekitar 1,8 juta pon) paket makanan yang dapat memberi makan lebih dari 173.000 warga Palestina selama dua minggu.

“Konflik ini telah menimbulkan bencana kemanusiaan yang tidak dapat diperkirakan lagi. WFP bekerja sepanjang waktu untuk memberikan bantuan di Gaza namun peningkatan skala besar diperlukan untuk mengatasi tingkat kelaparan yang kita lihat,” kata Direktur WFP untuk Kawasan Timur Tengah, Afrika Utara dan Eropa Timur, Corinne Fleischer dalam sebuah pernyataan dikutip dari Billboard.

Krisis pangan yang terjadi di Gaza merupakan akibat dari pemboman besar-besaran yang dilakukan pasukan Israel selama berminggu-minggu.

“Tim kami memerlukan akses kemanusiaan yang aman dan berkelanjutan, serta dukungan berkelanjutan dari para donatur untuk menjangkau sebanyak mungkin orang,” lanjut Fleischer. 

“Kami berterima kasih kepada Abel atas kontribusi berharganya terhadap rakyat Palestina. Kami berharap orang lain akan mengikuti teladan Abel dan mendukung upaya kami.”

WFP mengatakan sumbangan dari Abel Tesfaye datang di waktu yang tepat dalam kondisi Gaza yang tengah kritis, dan organisasi tersebut tengah berupaya untuk memberi makan lebih dari satu juta warga Gaza yang menghadapi kelaparan setelah serangan dari Israel.

Dikabarkan, Palestina dan Israel melakukan gencatan senjata selama seminggu yang baru saja berakhir. 

Selama itu, WFP mengatakan bahwa mereka telah menjangkau lebih dari 121.000 orang di Gaza, dengan menyediakan roti segar, batangan kurma, makanan kaleng, tepung terigu, pasta, saus tomat dan minyak.

Di samping itu, Abel Tesfaye ditunjuk sebagai Duta Niat Baik (The Goodwill Ambassador) pada Oktober 2021 lalu dan telah mendukung misi bantuan kelaparan global WFP dengan sumbangan pribadi sebesar 1,8 juta dolar AS hingga saat ini melalui XO Humanitarian Fund miliknya. 

Penyanyi ini telah berkomitmen untuk mendedikasikan setara dengan 1 dolar AS per tiket konser yang terjual pada tahun 2024 dari tur konser “After Hours ’til Dawn” ke XO Humanitarian Fund.

Berita Lainnya