Akhir Tahun 2022 Bayar Tol Pakai Cantas, Apa Itu?

Simak yuk, Kawula Muda!

Ilustrasi pembayaran e-toll. (Dok. BLOCKXPERIENCE)
Thu, 17 Feb 2022

Kawula Muda, pengguna mobil yang melintasi jalan tol nantinya akan dimudahkan dalam proses transaksi pembayaran tol pada Desember 2022, loh!

Pembayaran saat ini hanya dengan tap menggunakan kartu. Nantinya, pengguna bisa menggunakan ponsel dengan mengunduh aplikasi electronic on board unit (OBU) dengan aplikasi bernama Cantas.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek.(JASAMARGA)

 

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan, aplikasi Cantas masih salam proses persiapan.

"Namanya Cantas. Belum resmi, tapi sudah dikonsultasikan ke Pak Menteri PUPR (Basuki Hadimuuljono)," kata Danang, melansir pada Kompas, Kamis (17/02/2022).

Cantas adalah aplikasi yang didesain dengan sistem navigasi satelit, yang memudahkan pengguna kendaraan untuk melakukan pembayaran hanya dengan ponsel saja. Melalui sistem satelit ini, mereka akan mengenali dan menentukan posisi kendaraan ketika memasuki jalan tol.

Cara kerjanya mudah kok! Untuk bisa diaplikasikan, kamu harus daftar terlebih dahulu dengan memasukkan nomor plat kendaraan. Saat kendaraan keluar tol dan proses pencocokan peta selesai, Cantas akan melakukan kalkulasi tarif.

Danang menjelaskan, nantinya pembayaran tol melalui Cantas di ponsel dan otomatis uang di dompet elektronik atau e-wallet bisa berkurang otomatis. Jadi, pastikan saldomu cukup ya, Kawula Muda!

Sebenarnya, menggunakan aplikasi Cantas transaksi pembayaran jadi lebih cepat. Pasalnya, kamu tidak harus menghentikan kendaraan karena proses transaksi dilakukan dengan cepat.

Berita Lainnya