Bangga! “Indonesia Raya” Diakui Sebagai Lagu Kebangsaan Terbaik di Dunia

Hai Kawula Muda, ikutan bangga!

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya karya WR Supratman. (KEMENDIKBUD)
Fri, 03 Jun 2022

Lagu Indonesia Raya yang selalu dikumandangkan saat Timnas Indonesia berlaga, mengundang perhatian publik luar negeri. Lagu tersebut dianggap sebagai lagu kebangsaan terbaik di dunia.

Salah satunya diungkapkan oleh jurnalis ESPN bernama Gabriel Tan saat laga Indonesia U-23 vs Timor Leste di Sea Games 2021, Selasa (10/5/2022).

Jurnalis asal Singapura itu mengungkapkan pendapatnya di laman Twitter pribadinya. Menurutnya, lagu kebangsaan Indonesia merupakan yang terbaik di Asia Tenggara dan bahkan di seluruh dunia.

“Murni dari perspektif musik, Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan terbaik di Asia Tenggara,” tulis Gabriel Tan.

“Mungkin (yang terbaik) di dunia,” tambahnya.

Mantan pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy pun membalas cuitan Gabriel Tan. Pelatih asal Skotlandia itu pun mengakui pernah merasakan mendampingi timnas Indonesia dan mendengar langsung Indonesia Raya dinyanyikan dalam laga resmi.

Ia pun menyetujui bila Indonesia Raya mungkin adalah lagu kebangsaan terbaik di dunia.

“Setelah berdiri di sana dan “merasakannya”, saya harus setuju,” tulis Simon.

Terima kasih WR Supratman

Kita patut berterimakasih pada WR Supratman yang telah menciptakan lagu Indonesia Raya.

Rekaman Indonesia Raya yang umum digunakan dalam berbagai acara dibuat pada tahun 1997, di mana Addie MS bertindak sebagai conductor dan pengarahmya, tanpa mengubah aransemen Jos Cleber.

Melalui akun Instagram pribadi, Addie MS merasa bahagia karena lagu Indonesia Raya kembali mendapat apresiasi dari bangsa lain. Addie pun berterima kasih kepada pencipta lagu Indonesia Raya, WR Supratman.

"Sekali lagi lagu Indonesia Raya kita mendapat apresiasi dari bangsa lain, sebagai salah satu lagu Kebangsaan terbaik," tulis Addie MS di Instagram, Rabu (25/5). "Terima kasih WR Supratman yang telah menciptakannya."

Addie MS kemudian mengungkapkan rekaman lagu Indonesia Raya yang telah direvisi. Addie mengaku bertindak sebagai conductor dalam rekaman tersebut.

"Rekaman Indonesia Raya yang umum digunakan dalam berbagai acara, termasuk di video ini, dibuat pada tahun 1997 dimana aku bertindak sebagai conductor-nya (di akhir video ini)," kata Addie MS.

"Ini adalah rekaman kedua (revisi), setelah rekaman pertama belum kuanggap memuaskan."

"Pembiayaan rekaman Indonesia Raya ini bukan berasal dari Pemerintah di thn 1997 itu, tapi diupayakan oleh Youk Tanzil. Alhamdulillah rekaman ini masih bermanfaat sampai sekarang," pungkas Addie MS.


Berita Lainnya