Banjir Bintang Satu, Review Aplikasi MyPertamina di Google Play

Hai Kawula Muda, menurut kalian gimana nih?

Aplikasi MyPertamina. (MYPERTAMINA.ID)
Sat, 02 Jul 2022

Semenjak diumumkan aturan pembelian bahan bakar minyak bersubsidi jenis Pertalite dan Solar harus mendaftar di Pertamina, masyarakat berbondong-bondong mengunduh aplikasi MyPertamina.

Hingga Kamis (30/6/2022) saja MyPertamina sudah diunduh lebih dari satu juta kali lewat Play Store. Namun yang menarik, dari jutaan unduhan tersebut banyak pengguna yang memberikan review bintang satu.

Dari 118.000 lebih ulasan di Play Store, lebih dari 88.000 mengklik bintang satu, sampai-sampai rating aplikasi MyPertamina di Play Store hanya 1,3.

Sebagian besar pengguna mengeluhkan kesulitan mendaftar karena tidak menerima one-time password (OTP), tidak bisa mendaftar karena nomor teleponnya sudah disebut telah terdaftar, dan sisanya mengeluhkan respon aplikasi yang lambat dan menyusahkan.

Tidak sedikit juga pengguna yang mengeluhkan pilihan metode pembayaran di aplikasi MyPertamina yang terbatas.

Selain itu, banyak pengguna juga khawatir karena harus membuka ponselnya di SPBU padahal sudah ada larangan menggunakan ponsel.

Terkait dengan hal itu, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, pendaftaran untuk membeli BBM melalui MyPertamina tidak wajib pakai aplikasinya.

Aplikasi MyPertamina. (MYPERTAMINA.ID)

 

Bisa daftar lewat laman resmi

Tanpa aplikasi, masyarakat bisa daftar MyPertamina melalui laman resminya yang dapat di akses di alamat subsiditepat.mypertamina.id.

"Kami pun tidak mewajibkan memakai aplikasinya, hanya perlu daftar melalui website yang dibuka pada 1 Juli nanti," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Terdapat dua opsi cara daftar MyPertamina tanpa aplikasi, yaitu daftar melalui aplikasi atau daftar di gerai SPBU. Opsi pendaftaran ini diberikan agar memudahkan masyarakat untuk membeli BBM subsidi karena tahapan pendaftarannya cukup mudah dan tidak memerlukan aplikasi.

Dengan cara daftar MyPertamina tanpa aplikasi ini dapat memudahkan masyarakat yang tidak memiliki smartphone.

Namun, untuk cara daftar MyPertamina tanpa aplikasi ini masyarakat harus pastikan sudah memiliki alamat email yang aktif karena nantinya alamat email ini diperlukan untuk pengiriman QR code khusus.

Berita Lainnya