BI Sediakan Layanan Drive Thru untuk Tukar Uang Jelang Lebaran!

Lo udah siap tukar uang belum, Kawula Muda?

Bank Indonesia adakan layanan tukar uang secara 'drive thru' di berbagai titik (KOMINFO)
Fri, 14 Apr 2023


Untuk membantu penukaran uang rupiah di masa Lebaran, Bank Indonesia (BI) memberikan layanan tukar uang secara ‘drive thru’ di 5.066 titik. Hal ini pun tergabung dalam program Kas Keliling Bank Indonesia dalam rangka peduli mudik, Kawula Muda! 

Adapun layanan tersebut dapat lo gunakan hingga 20 April 2023 mendatang ya! 

Ilustrasi uang rupiah (ISTOCK)

 

Kali ini, Bank Indonesia bekerja sama dengan perbankan untuk melaksanakan program tersebut. Adapun BI mempersiapkan uang tunai sebesar Rp 195 triliun mengingat geliat ekonomi masyarakat yang tinggi usai pandemi. 

Masyarakat pun akan mendapatkan satu paket uang tunai pecahan Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000.

Lokasi penukaran tersebut pun meliputi wilayah Jabodetabek, Jawa, Lampung, Palembang, Sumatera, Kalimantan, hingga di berbagai jalur mudik lainnya seperti Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk. 

“Tahun ini juga ada BI Peduli Mudik mulai 14-17 April 2023 di 12 titik rest area. Tiga titik di Sumatera dan sembilan ada di Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur karena sudah banyak pemudik yang menggunakan jalur darat dan lewat jalan tol,” kata Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Ameriza M Moesa pada Senin (03/04/2023) seperti dikutip dari Kompas. 

Sebanyak 12 area pun menjadi titik program ini yang mulai dibuka pada 14 April hingga 17 April 2023 mendatang. 

“Tiga titik di Sumatera dan sembilan ada di Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur karena sudah banyak pemudik yang menggunakan jalur darat dan lewat jalan tol,” lanjut Ameriza.

Gedung Bank Indonesia (WIKIPEDIA)

  

“Sebenarnya bisa juga secara langsung (go show), tapi kami tidak janji sepanjang modal tersedia dan masih ada kami layani. Tapi kalau sudah full dengan yang booking online, kami melayani online dulu,” ujar Ameriza.

Untuk memastikan lo mendapat slot program ini, Kawula Muda perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu lewat laman resmi Bank Indonesia. Lo hanya perlu memilih provinsi dan tanggal penukaran uang sesuai jadwal lo. 

Kemudian, akan terdapat beberapa pilihan lokasi spesifik tempat penukaran uang yang dapat dipilih. Setelah lo telah memilih hal-hal tersebut, maka Kawula Muda dapat segera menukarkan uang sesuai nominal yang didaftarkan. 

Walau begitu, perlu diingat bahwa BI membatasi jumlah penukaran uang di tahun ini, Ya Kawula Muda! Tingginya antusias masyarakat untuk menukarkan uang, membuat batas penukaran per orangnya adalah Rp 3,8 juta per hari. 

Berita Lainnya