Demi iPhone Warga, Petugas Damkar Depok Menyelam Sumur 10 Meter, ini Kronologinya!

Bravo pak petugas damkar

Ilustrasi iPhone warga Depok yang tercebur sumur (GADGETS 360)
Fri, 12 Jan 2024


Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok sigap mengevakuasi iPhone 14 milik warga yang tercebur sumur sedalam 10 meter di RT 3 RW 11 Cimpaeun, Tapos, Kota Depok, Senin (8/1/2024).

Dikutip dari Tempo, Komandan Regu Penyelamatan Dinas Damkar Kota Depok, Merdi Setiawan menjelaskan kronologi penyebab iPhone 14 milik korban terjatuh ke dalam sumur.

Merdi mengatakan bahwa ponsel iPhone tersebut tercebur sumur lantaran bergetar saat menerima notifikasi. Ponsel tersebut kebetulan diletakkan di tepi sumur saat korban hendak ke kamar mandi.

"Akhirnya kegeser dan nyemplung ke sumur, sumurnya sih di dalam rumah, sumur kan tepinya pasti ada dinding dan tidak sejajar dengan lantai,” ungkap Merdi.

Petugas Damkar Depok selamatkan iPhone warga (Detik.com)

Lebih lanjut, Merdi juga mengungkapkan bahwa saat evakuasi, timnya ditunjang peralatan keselamatan yang memadai, bahkan peralatan tersebut bernilai lebih dari Rp 200 juta.

"Untuk evakuasi iphone kemarin saja, setidaknya peralatan yang dibawa (nilainya) mencapai Rp 200 juta lebih," ungkap Merdi.

Menariknya, ponsel tersebut masih bisa dinyalakan meski sudah tenggelam selama lebih dari lima jam, Kawula Muda. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh petugas yang mengevakuasi iPhone tersebut.

"Saya heran aja sih. HP sudah kerendam dari pagi, terus baru mulai kami evakuasi sekitar jam 15.00 WIB. Tapi HP-nya masih nyala pas saya ambil. ya Alhamdulillah," ujar petugas penyelam Johan dikutip Kompas.com, Jumat (12/1/2024).

Rupanya, dalam proses evakuasi Johan sempat mengalami kesulitan saat masuk ke air sumur, terlebih jarak pandang hanya sekitar 1-2 jengkal atau 30 sentimeter.

"Saya sempat kesulitan saat sudah mulai menyelam ke air karena pandangan saya ke dalam air tuh cuma sekitar 30 cm atau dua jengkal kayaknya ada," ungkap Johan.


Harus lebih hati-hati kalo bawa ponsel ke Kamar Mandi ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya