Ditarik dari Taiwan, Indomie Ayam Spesial Masih Aman di Indonesia?

Lo masih makan Indomie rasa ayam spesial setelah pemberitaan yang ramai, enggak?

Ditarik dari beberapa negara, BPOM angkat bicara soal Indomie ayam spesial di Indonesia (RBTV)
Fri, 28 Apr 2023

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan jika Indomie Rasa Ayam Spesial yang ditarik dari peredaran di beberapa negara aman untuk dikonsumsi.

BPOM menjelaskan, penarikan produk Indomie Ayam Spesial di Taiwan dan Malaysia diakibatkan oleh perbedaan standar residu pestisida Etilen Oksida (EtO) dengan Indonesia.

Lebih lanjut, BPOM mengatakan jika Taiwan tidak memperbolehkan EtO pada pangan, sementara Indonesia masih memperbolehkannya, Kawula Muda.

Indonesia belum menarik Indomie rasa ayam spesial, kenapa? (ISTOCK)

Pasalnya, Batas Maksimal Residu (BMR) EtO di Indonesia sudah sesuai aturan, yakni 85 ppm. Diketahui, kadar EtO yang terdapat dalam Indomie Ayam Spesial di Taiwan juga masih jauh di bawah batas normal ketentuan Indonesia, yaitu 0,187 mg per kg atau setara dengan 0,34 ppm.

Meski begitu, Taiwan secara tegas tetap melarang EtO pada pangan, Kawula Muda.

"Oleh karena itu, di Indonesia produk mi instan tersebut aman dikonsumsi karena telah memenuhi persyaratan keamanan dan mutu produk sebelum beredar," ujar BPOM dalam keterangan resmi melansir Kompas.

"Dengan demikian, kadar 2-CE yang terdeteksi pada sampel mi instan di Taiwan (0,34 ppm) masih jauh di bawah BMR 2-CE di Indonesia dan di sejumlah negara lain, seperti Amerika dan Kanada. Oleh karena itu, di Indonesia produk mi instan tersebut aman dikonsumsi, karena telah memenuhi persyaratan keamanan dan mutu produk sebelum beredar," sambung BPOM.

Tidak hanya itu, BPOM juga menjelaskan mengapa terdapat standar EtO pada pangan yang berbeda di setiap negara, Kawula Muda.

Menurut BPOM, perbedaan standar tersebut disebabkan belum adanya aturan baku mengenai batas maksimal residu EtO yang dikeluarkan oleh Codex Alimentarius Commission (CAC). 

CAC sendiri merupakan sebuah organisasi standar pangan internasional di bawah World Health Organization/Food and Agriculture Organization (WHO/FAO). 

"Beberapa negara pun masih mengizinkan penggunaan EtO sebagai pestisida.”

Diberitakan sebelumnya, Indomie Rasa Ayam Spesial diketahui ditarik dari peredaran oleh beberapa negara, seperti Taiwan dan Malaysia. Departemen Kesehatan masing-masing negara mengungkapkan jika Indomie Rasa Ayam Spesial mengandung etilen oksida, senyawa kimia yang terkait dengan masalah kesehatan limfoma dan leukemia.

Jadi jangan khawatir ya sebab BPOM menjamin keamanan konsumsi Indomie Ayam Spesial di Indonesia, Kawula Muda.

Berita Lainnya