Taiwan Temukan Zat Pemicu Kanker pada Indomie Rasa Ayam Spesial

Duh! Ngeri banget, Kawula Muda.

Indomie Rasa Ayam Spesial ditemukan kandungan zat berbahaya memicu kanker (UNSPLASH)
Wed, 26 Apr 2023


Produk mi instan asal Indonesia, yakni Indomie didapati mengandung zat berbahaya pemicu kanker, nih Kawula Muda. Penemuan zat ini diketahui oleh negara Taiwan.

Departemen Kesehatan Taipei merinci dua produk dari yang mengandung zat bahaya yakni Ah Lai White Curry Noodles dari Malaysia dan Indomie Rasa Ayam Spesial dari Indonesia, yang terdapat kandungan etilen oksida, senyawa kimia yang terkait dengan limfoma dan leukimia.

"Pengujian mengungkapkan bahwa etilen oksida terdeteksi pada mie dan paket bumbu dari produk Malaysia, tetapi hanya pada paket bumbu dari produk Indonesia," terang Departemen Kesehatan Taipei, mengutip laman The Star, Rabu (26/04/2023).

Indomie Rasa Ayam Spesial ditemukan kandungan zat berbahaya memicu kanker (UNSPLASH)

Kemudian, Departemen Kesehatan Taipei meminta para pengecer untuk menarik kedua produk tersebut. Para importir juga akan dikenakan denda NT$ 60 ribu sampai 200 juta.

Kepala Divisi Makanan dan Obat-obatan Departemen Kesehatan Taipei, Chen Yi-ting mengatakan, inspeksi mi instan dilakukan dengan memilih secara acak 30 produk dari supermarket, toko serba ada, hypermarket, pasar basah tradisional, toko makanan Asia Tenggara, dan importir grosir di Taipei.

Pihak Indomie Angkat Suara

Menanggapi kasus tersebut, PT Indofood buka suara terkait laporan dari Kementerian Kesehatan Taiwan yang menemukan bahan bahaya pemicu kanker di produknya.

GM Corporate Relation Indofood Stefanus Indrayana menyatakan, pihaknya saat ini masih terus memelajari temuan tersebut.

"Sedang kami pelajari dan klarifikasi lebih lanjut," kata Stefanus, seperti yang dilansir dari Kompas.

Ia menambahkan, klarifikasi secara resmi akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

Sebagai informasi, selain menyebabkan limfoma dan leukemia, etilen oksida disebut dapat menyebabkan iritasi serius pada kulit dan mata bagi siapapun yang bersentuhan dengan zat tersebut. Bahkan, etilen oksida juga dilaporkan dapat memicu cacat kelahiran dan keturunan, loh Kawula Muda!

Berita Lainnya