Eril Dinyatakan Meninggal oleh Keluarga, Ridwan Kamil Adzan di Sungai Aare

Turut berduka cita

Ridwan Kamil lakukan adzan di pinggir sungai Aare (Twitter)
Fri, 03 Jun 2022

Beredar sebuah video yang menampilkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, melantunkan adzan di pinggir Sungai Aare, Bern, Swiss. Video tersebut mulai banyak tersebar di media sosial sejak Kamis (02/06/2022) kemarin. 

Sehari setelahnya, pihak keluarga Ridwan Kamil mengumumkan bahwa Emmeril Khan Mumtadz, putra sulung dari Ridwan Kamil, wafat dalam syahid akhirat. 

"Emmeril Khan Mumtadz yang kita kenal sebagai Eril sudah wafat berpulang ke Rahmatullah karena tenggelam," ujar kakak dari Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman dalam konferensi pers, Jumat (04/06/2022) dikutip dari Kompas. 

Walau begitu, Erwin menegaskan proses pencarian Eril akan terus dilanjutkan di Swiss. 

“Situasi ini tidak mengubah upaya keluarga untuk melakukan pencarian dengan situasi dan harapan kami, kami bisa bertemu dengan keponakan kami Emmeril Khan Mumtadz dalam keadaan apa pun yang Allah ridhoi,” tutur adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman kepada wartawan. 

Mereka memastikan akan tetap memantau proses pencarian hingga Eril ditemukan. Adapun beberapa metode yang dilakukan adalah dengan mengerahkan patroli darat, patroli perahu, anjing pelacak, serta penerbangan drone. 

Di sisi lain, penyelam memang tidak dikerahkan karena derasnya arus Sungai Aare. adapun koordinasi pencarian akan dilanjutkan oleh paman Eril, Elpi yang telah tiba di Bern pada Rabu (01/06/2022). 

Sebelumnya, Ridwan Kamil dan keluarga telah memutuskan untuk kembali ke Bandung pada Kamis (02/06/2022) sore kemarin. Sebelum berangkat ke Bandung, Ridwan juga kembali menyusuri tepian Sungai Aare hingga petang. 

Kala itu, ia ikut memeriksa kembali tempat-tempat potensial dalam pencarian Eril, baik dengan rute perjalanan darat maupun rute perairan yang aman. 


Berita Lainnya