Fajri, Pria Berbobot 300 Kg Meninggal Dunia di RSCM

Selamat jalan, Fajri.

Muhammad Fajri, pria obesitas seberat 300 kg yang berasal Kota Tangerang meninggal dunia di RSCM (GETTY IMAGES)
Thu, 22 Jun 2023

Muhammad Fajri, pria pengidap obesitas yang memiliki berat badan 300 kg dari Kota Tangerang, meninggal dunia pada Kamis (22/06/2023). Fajri meninggal di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Direktur Utama RSCM, Lies Dina Liastuti mengatakan kabar Fajri telah meninggal dunia Kamis, 22 Juni 2023 dini hari pukul 01.25 WIB.

Dokter spesialis anestesi RSCM Sidharta Kusuma Manggala yang juga sempat merawat Fajri memastikan bahwa pasien atas nama Tuan Muhammad Fajri meninggal karena syok septik akibat infeksi dari kakinya.

Melansir alodokter, Syok Septik adalah kondisi darurat yang ditandai dengan terganggunya aliran darah akibat infeksi. Kondisi ini bisa menimbulkan kerusakan organ dan menyebabkan kematian. Syok ini bisa menyebabkan kegagalan fungsi aliran darah untuk mengantarkan nutrisi dan oksigen ke jaringan dalam tubuh lainnya.

Muhammad Fajri, pria obesitas seberat 300 kg yang berasal Kota Tangerang meninggal dunia di RSCM (DAMKAR KOTA TANGERANG)

 

Pemakaman Fajri dilakukan di TPU Menteng Pulo, Jakarta Selatan. Puluhan anggota Damkar, Basarnas, hingga PPSU dari Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan, bahu membahu mengatrol jenazah Fajri ke persemayaman.

Melansir dari Kumparan, proses dari ambulans tiba sampai pemakaman Fajri memakan waktu sekitar 1 jam.

Sebelumnya, Fajri mengalami berat badan berlebih atau obesitas karena tidak melakukan aktivitas sama sekali selama 8 bulan usai cedera kaki. Dalam rentang waktu tersebut, bobotnya naik drastis dari 120 kg menjadi lebih dari 280 kg.

Ibu Fajri, Riwati mengungkapkan anaknya mengalami obesitas sejak mengalami sakit di bagian kaki setahun lalu.

"Tiba-tiba lagi tahu-tahu terbang dari truk. Dia jatuh sampai berdarah, luka, diurut, sembuh. Lalu tahu-tahu ada penyakit itu. Tapi tinggal bengkak, tinggal hitam di kaki sana telapak itu, hitam bengkak," kata Riwati, mengutip dari CNN Indonesia.

Riwati berharap anak semata wayangnya itu dapat kembali berjalan dan mencari menafkahi keluarga. Sebab, selama ini Fajri menjadi tulang punggung keluarga karena ayahnya telah meninggal dunia.

Sementara itu, pihak RSCM mengaku mengalami kesulitan dalam melakukan perawatan terhadap Fajri lantaran kondisi tubuh yang sudah tidak normal.

Selamat jalan, Fajri. 

Kawula Muda, perlu diketahui bahwa penyebab obesitas adalah kombinasi antara kelebihan asupan energi makanan dan kurangnya aktivitas fisik. Maka dari itu, lo perlu menjaga pola asupan makan dan olahraga yang teratur, ya.

Berita Lainnya