Fakta-Fakta Toilet Konsep Terbuka di Malang yang Viral: Pemkot Akui Lalai

Ada-ada saja ya, Kawula Muda

Penampakan Kloset Viral di Malang Creative Center, Dianggap 'Nyeleneh' oleh Warganet (KUMPARAN)
Fri, 16 Dec 2022


Kawula Muda, Warganet dikejutkan dengan sebuah video yang memperlihatkan kondisi kloset jongkok di toilet Gedung Malang Creative Center (MCC), Kota Malang.

Pasalnya, toilet tersebut memiliki desain yang tidak biasa, Kawula Muda. Dalam video itu terlihat kloset jongkok di toilet tersebut tidak memiliki sekat atau dalam kondisi terbuka.

@pikiranrakyat Viral! Video Kloset Jongkok Tanpa Sekat di Malang Creative Center, Pemkot Beri Tanggapan #fyp #tiktokberita #viral ♬ suara asli - pikiranrakyat

Keberadaan kloset tersebut lantas menjadi ramai dibicarakan di media sosial. Banyak Warganet yang heran dengan kloset yang dianggap nyeleneh tersebut. Warganet mempertanyakan pembuatan ruangan toilet itu dikarenakan, orang yang hendak menggunakan kloset jongkok itu bisa dilihat oleh pengguna toilet lainnya alias sangat terbuka nih, Kawula Muda.

Lebih anehnya lagi, hanya kloset tersebut yang berada di luar bilik. Faktanya, beberapa masyarakat yang telah menyambangi kloset yang terletak di kamar mandi lantai 3 pria itu juga memiliki satu kloset duduk berada di dalam bilik. Sedangkan, kloset jongkok berada di luar kamar mandi tanpa sekat apa pun.

Pemkot Malang Akui Lalai Awasi Proyek Pembangunan Kloset di Luar Bilik MCC

Pada awalnya, menanggapi video viralnya kloset tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Malang R Dandung Djulharjanto mengatakan bahwa kloset jongkok tanpa sekat itu sudah sesuai desain awal, Kawula Muda.

Lebih lanjut, ia menyebutkan jika pembangunan infrastruktur gedung delapan lantai ini sudah selesai. Sedangkan, pengelolaan gedung sudah diserahkan kepada Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang.

Namun, baru-baru ini Pemkot Malang mengaku lalai mengawasi penggarapan kloset di kamar mandi MCC tersebut, Kawula Muda.

Kepala Dinas Koperasi, Industri, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Eko Syah menyebut pihaknya memang tidak bisa mengontrol gedung secara menyeluruh.

"Mungkin itu ada yang terselip (kloset belum diberi sekat), karena kami controlling tidak menyeluruh," sebut Eko mengutip Detik, Jumat (16/12/2022).

Eko juga menambahkan, seharusnya kloset tersebut memang ditutup atau berada di dalam bilik kamar mandi. 

"Kalau menurut saya pribadi, etikanya harus ada sekat," imbuhnya.

Eko juga meyakini bahwa ada yang terselip melihat kloset tanpa sekat penutup itu lepas dari pengawasan.

"Ada bangunan besar, ya pasti ada yang terselip. Dengan viralnya kloset itu, menjadi masukan bagi kami," tambah Eko.

Berita Lainnya