Filipina Promosikan Video Wisata Pakai Pemandangan Alam Indonesia

Selain Indonesia ada negara lain nih, Kawula Muda.

Video promosi wisata Filipina menggunakan pemandangan alam dari negara lain termasuk Indonesia (UNSPLASH)
Mon, 03 Jul 2023


Video promosi pariwisata Filipina kedapatan menggunakan pemandangan alam dari negara lain, salah satunya pemandangan sawah di Indonesia.

Hal tersebut terungkap oleh seorang blogger Filipina yang mengatakan dalam sebuah unggahan di Facebook bahwa gambar danau di video merupakan danau di Thailand dan Bali.

Video tersebut juga menunjukan citra udara bukit pasir Cumbuco di Timur Laut Brasil dan seorang pria mengendarai buggy car di atas bukit pasir di Uni Emirat Arab.

Beberapa gambar yang digunakan dalam video promosi dapat ditemukan di situs web penyedia rekaman stok. Salah satunya adalah cuplikan sawah dalam situs Pond5, yang ternyata lokasinya di Ubud Bali, Indonesia.

Video promosi wisata Filipina menggunakan pemandangan alam dari negara lain termasuk Indonesia (YOUTUBE/DOT Region 10)

 

Setelah mengetahui penggunaan pemandangan dari negara lain, biro iklan DDB Philippines menyampaikan permintaan maaf atas gambar-gambar yang 'sangat tidak pantas', termasuk sawah terasering di Indonesia dan bukit pasir di Brasil, yang digunakan dalam iklan pariwisata itu, seperti mengutip dari laman Detik, Senin (03/07/2023).

Analisis lebih lanjut oleh tim Pemeriksa Fakta AFP mengonfirmasi video iklan pariwisata Filipina itu menampilkan tempat-tempat yang ada di Indonesia, Brasil, Swiss dan Uni Emirat Arab.

Pihak DDB Philippines menyampaikan permintaan maaf karena telah menggunakan 'rekaman stok asing' dan menyebutnya sebagai 'pengawasan yang sangat disayangkan dari pihak biro kami'.

"Proses penyaringan dan persetujuan yang tepat seharusnya diikuti dengan ketat. Penggunaan rekaman stok asing dalam kampanye mempromosikan Filipina sangat tidak tepat, dan bertentangan dengan tujuan DOT (Departemen Pariwisata)," kata DDB Philippines dalam sebuah pernyataan.

Berita Lainnya