Gadis 11 Tahun Tempuh Pendidikan S2, Punya IQ Lebih dari Einstein

Doi mau jadi astronot nih, Kawula Muda!

Adhara Pérez Sánchez, seorang jenius asal Meksiko yang menjadi cover majalah Claire Meksiko (INSTAGRAM/ADHERA_PEREZ11)
Mon, 15 May 2023

Seorang gadis asal Meksiko yang berusia 11 tahun, Adhara Pérez Sánchez, kini sedang menempuh pendidikan S2 loh, Kawula Muda! Bahkan, ia juga memiliki IQ yang melebihi ilmuwan jenius Albert Einstein.

Wajah Adhara pun muncul sebagai cover majalah Claire Meksiko. Selain itu, salah satu artikel di majalah itu juga memuat cerita sang jenius. 

Adhara Pérez Sánchez (INSTAGRAM/ADHARA_PEREZ11)

 

Semasa kecil, perkembangan kemampuan bicara Adhara rupanya sangat lambat. Namun, ia mampu merangkak dengan cepat. Hal ini pun menyebabkan Adhara diperiksa dan didiagnosis mengalami gangguan perkembangan saat usia 3 tahun. 

Masuk ke sekolah dasar, rupanya ia sempat di-bully oleh teman-teman sebayanya. Hal ini membuat orang tua Adhara khawatir hingga memindahkannya ke tiga sekolah berbeda. Sang ibu menilai guru-guru di sekolah sang putri kurang empati terhadap kondisi Adhara. 

Lebih lanjut, sang ibu kemudian menemukan potensi sang putri. Hal itu setelah ia melihat Adhara yang mampu memahami aljabar dan menghafal tabel periodik. Memahami kepintaran sang putri tidak biasa, sang ibu pun membawa putrinya untuk mengikuti terapi di Center for Attention to Talent. 

Di tempat itulah, tes intelegensi menunjukkan bahwa IQ Adhara mencapai angka 162. Nilai ini lebih tinggi dari IQ Albert Einstein (160) hingga Stephen Hawking (160) loh! 

Tes IQ tersebut pun membuka lembaran baru bagi Adhara. Tak seperti anak-anak pada umumnya, ia mampu menyelesaikan pendidikan sekolah dasar pada usia 5 tahun. Kemudian, pada usia 11 tahun, Adhara telah meraih gelar sarjana teknik dari CNCI University. 

Kini, Adhara tengah menempuh gelar magister matematika di Technological University of Mexico untuk meraih mimpi. Pada wawancara dengan Bright Side, rupanya Adhara memiliki cita-cita sebagai seorang astronaut. 

“Saya ingin ke luar angkasa dan menjelajahi Mars. Kalau kalian tidak suka tempat di mana kalian berada, bayangkan saja tempat yang kalian inginkan. Saya melihat diri saya di NASA dan patut dicoba,” tutur gadis tersebut.

Ketelatenan Adhara dalam meraih mimpi juga terlihat di akun Instagram pribadinya, @adhara_perez11. Kini, ia juga tengah bekerja sama dengan NASA Meksiko untuk mempromosikan penjelajahan ruang angkasa dan matematika kepada anak-anak lainnya. Mimpi lainnya yang ingin diraih oleh Adhara adalah mendalami astrofisika di Universitas Arizona. 

Keren banget ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya