'Ghozali Everyday' Bikin NPWP Usai Omzet Jual NFT Selfie Tembus Miliaran Rupiah

Setelah disenggol Ditjen Pajak, akhirnya Ghozali buat NPWP loh, Kawula Muda.

Ghozali bikin NPWP setelah penjualan NFT selfie tembus miliaran rupiah. (kompas.com)
Wed, 26 Jan 2022

Ghozali adalah seorang pria yang sempat viral karena omzet penjualan NFT selfie di platform OpenSea yang mencapai miliaran rupiah. Ghozali mendapatkan keuntungan dari koleksi NFT selfie yang berjumlah 933 buah. NFT selfie milik Ghozali berhasil laku di OpenSea dalam waktu 3 hari.

Saat pendapatan Ghozali dari penjualan NFT selfie-nya menjadi viral dan tersebar luas, akun Twitter Ditjen Pajak mengucapkan selamat kepada Ghozali sembari memberikan tautan untuk membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Pada Senin (24/1/2022), Ghozali resmi membuat NPWP di Kantor Pajak Semarang dan mengabadikan momen tersebut dengan foto diri sambil menunjukkan kartu NPWP barunya.

NPWP berguna untuk mengurus keperluan perpajakan hingga administrasi di luar perpajakan. Manfaat NPWP juga sebagai kode unik yang bisa digunakan dalam segala urusan perpajakan di Indonesia.


Akun twitter Ditjen Pajak mengimbau Ghozali untuk membuat NPWP. (PRFM News)

 

Jenis pajak PPh Pasal 21, jika tidak memiliki NPWP maka tarif pajak yang dikenakan akan menjadi 20 persen lebih besar daripada yang memiliki NPWP. 

Dalam urusan perpajakan, NPWP bermanfaat sebagai sebuah syarat dokumen dalam pengajuan kredit. Bagi pengusaha, memiliki NPWP adalah sebuah kewajiban agar dapat mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Ghozali mendapatkan penjelasan mengenai hak dan kewajiban dalam hal perpajakan di Indonesia yang harus ia laksanakan setelah memiliki NPWP oleh Account Representative, Deni Rusmawati Agustin.

Melalui akun Twitter, Ghozali mengimbau kepada pengikutnya untuk menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan PPh Orang Pribadi sebelum 31 Maret 2022.

Berita Lainnya