Google Docs di Blokir? Ini Penjelasan Kominfo

kira-kira kalian setuju gak nih Kawula Muda?

Apakah benar Google Docs di blokir Kominfo? (Google Docs)
Sat, 23 Sep 2023

Google Docs merupakan salah satu instrumen pada Google untuk membuat dan membagikan dokumen secara online.

Google Docs ramai menjadi perbincangan warganet karna aplikasi tersebut tidak dapat diakses oleh sejumlah provider seperti Indihome, Telkomsel, XL, IM3 dan lainnya sebagainya. 

Pada Kamis 21, September 2023, maka persoalan pemblokiran Google Docs ini menjadi topik hangat yang diperbincangkan oleh masyarakat beberapa akun media sosial, karna memang umumnya banyak masyarakat yang menggunakan Google Doc untuk bekerja dan belajar. 

Google Docs juga masuk pada sosial media Twitter (X) dengan screenshot yang beredar “Your connection is not private”.

Kalimat tersebut menunjukkan Google Docs diblokir karena muatan negatif lewat Cerficate Viewer milik pemerintah, walaupun tidak ditunjukkan adanya tanda-tanda situs down.

Situs Downdetector juga tak mencatat masalah akses (down) Google docs jadi masalah ini pun belum diketahui penyebab pastinya. 

Google Docs sempat tidak dapat diakses karna di blokir oleh Kominfo ?( X/@MardiantaPA)

Berdasarkan keterangan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) – Bapak Usman Bansong, Google Docs sudah beroperasi normal dan dapat diakses kembali pada Jumat, 22 September 2023. 

Namun Kominfo tidak menjelaskan lebih lanjut penyebab Google Docs terblokir. Kini, Google Docs sudah dapat diakses kembali dengan lancar oleh seluruh masyarakat tanpa tulisan pemblokiran, dan juga dapat diakses tanpa menggunakan VPN.

Berita Lainnya