Habiskan Biaya 500 Juta, Patung Bung Karno di Banyuasin Dinilai Tak Mirip

Menurut kalian mirip gak nih Kawula Muda?

Pembangunan patung Bung Karno di komentari warganet karna tidak mirip. (Welly Jasrial/detikcom)
Sun, 24 Sep 2023


Proyek patung Bung Karno di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan belakangan ini menjadi viral di media sosial karena dinilai tidak mirip dengan sosok sang Proklamator.

Saat ini, proyek patung tersebut masih dalam tahap pembangunan di kawasan Bung Karno Center yang berada di Jalan Lingkar, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin.

Meskipun telah menghabiskan biaya hingga Rp. 500.000.000 namun banyak warganet yang kecewa dan berpendapat bahwa patung tersebut tidak mirip dengan sosok aslinya, yang membuat proyek ini mendapatkan banyak hujatan

Patung Bung Karno di Banyuasin.(Sripoku.com)

“Gak mirip tuh wkwkw, nyewa orang yang profesional lah buat patung,” tulis pemilik akun X dengan username @Dafi_Hakimin.

Selain itu, banyak pula pengguna media sosial X yang merasa bahwa patung Bung Karno terlalu gemuk pada bagian pipi. Salah satunya pemilik akun @penikmat_hujann yang mengutarakan komentarnya atas pipi patung Bung Karno.

“Lah kok pipinya pak Soekarno tembem,” ucapnya.

Menanggapi berbagai kritikan warganet atas proyek tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Kabupaten Banyuasin yakni Ardi Arpani mengatakan bahwa telah dilakukan pengecekan secara langsung ke lokasi pembangunan patung Bung Karno.

Patung Bung Karno di Banyuasin disebut tidak mirip.(istimewa)

Ardi juga mengaku bahwa pembangunan patung tersebut belum selesai sehingga belum terlihat kemiripan patung yang dibuat dengan sosok Soekarno.

“Kemarin kami sudah cek langsung ke lokasi, kata pekerja belum selesai, jadi belum terlihat. Nanti kita lihat apakah sesuai dengan gambar yang diberikan atau tidak” ucap Ardi.

Pihak Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Kabupaten Banyuasin juga menyatakan akan melakukan pembongkaran dan pembuatan ulang jika hasil akhir patung Bung Karno tidak mirip dengan sosok aslinya.

“Kalau tidak sesuai, pasti kami bongkar dan dibuat baru,” kata Ardi.

Hingga kini, pembangunan patung Bung Karno masih tetap dilanjutkan dan pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuasin masih mengupayakan agar patung yang dibuat memiliki kemiripan yang sangat cocok dengan sosok Soekarno.

Berita Lainnya