Hacker Bjorka 'Hilang' setelah Anggaran BSSN Rp 624 M Cair?

Udah enggak ngeretas data lagi nih?

Peretas data, Bjorka (NARASI TV)
Wed, 28 Sep 2022


Peretas Bjorka kini hilang bak ditelan oleh Bumi usai dirinya menghebohkan masyarakat Indonesia. Pemilik akun di situs Breach Forum terakhir ini terlihat pada Minggu, 18 September 2022.

Sebelumnya, Bjorka terlihat setelah ada akun bernama Emo di Breachforums yang mengaku telah bertemu dengannya. Bjorka juga membalas unggahan Emo di forum tersebut dengan tulisan "Nice to meet you @emo," tulisnya.

Emo mengaku telah bertemu dengan Bjorka di Los Angeles, California, Amerika Serikat dan mengklaim tidak mengambil foto Bjorka.

"Saya bertemu Bjorka di pusat perbelanjaan di LA kemarin. Saya memberitahu kepadanya, seberapa keren saya bisa bertemu dengan dia sebagai orang (asli) tapi sya tidak mau mengganggu dia dengan memintanya untuk berfoto bersama," terang Emo.

Selang beberapa hari kemudian, Bjorka aktif kembali di kanal Telegram Bjorkanism. Dia menyindir akun-akun media sosial yang mengatasnamakan dirinya di platform Twitter dan TiktTok.

Iustrasi data (UNSPLAS)

"Sejak akun twitter saya yang terakhir ditangguhkan, sampai sekarang (20 September), saya tidak punya akun twitter lagi. Jadi, jika ada akun yang menggnakan nama saya, itu palsu," tulis Bjorka di kanal Telegram, Bjorkanism. Setelah itu kabarnya tidak terlihat lagi.

Di sisi lain, anggaran Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk 2023 naik sekitar Rp 70 miliar menjadi Rp 624,37 miliar. Persetujuan rancangan anggaran itu terjadi dalam Rapat Kerja Komisi I DPR dengan BSSN dan Badan Keamanan Laut (Bakamla), mengutip dari laman CNN Indonesia, Rabu (28/09/2022).

"Sesungguhnya yang disampaikan Letnan Jenderal Hinsa Siburian (Kepala BSSN, red)itu kita semua paham. Kena Bjorka saja kemarin sempoyongan kita," kata Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Utut Adianto, dalam rapat.

Menurut total anggaran 2023, sebanyak Rp 407.146.873.000 untuk program dukungan manajemen BSSN. Sementara itu, untuk program keamanan dan ketahanan siber dan sandi negara adalah Rp 217.224.610.000.

Berita Lainnya